(024) 7460033 / 08112-883-688 um@live.undip.ac.id

Gelar lulusan (Final Award) : Magister Humaniora (M.Hum.)

Ijin Penyelenggaraan : Izin Dikti No : 4923/D/T/2006 Tanggal 26 Desember 2006

Kesetaraan dalam KKNI (Equivalent Level to Indonesian National Qualification framework)

Level 8 KKNI

Profil Lulusan Lulusan Program Studi Magister Ilmu Sejarah diharapkan mempunyai kemampuan teoretis dan praktis pada bidangnya, sehingga mampu meraih peluang / lapangan kerja dalam bidang pendidikan, kewirausahaan, jurnalistik, dan sebagainya. Lulusan Program Studi Magister Ilmu Sejarah diharapkan menjadi sejarawan yang memiliki kemampuan akademis baik dan integritas serta kepribadian sebagai ilmuwan yang berjiwa nasionalis, sehingga mampu mengembangkan institusi, terutama bagi alumni yang sudah bekerja.
Kompetensi Lulusan 1.        Mampu melakukan penelitian sejarah Indonesia, dengan penekanan Sejarah Maritim dan Integrasi Nasional, berbasis teori dan metodologi sejarah.

2.        Mampu menggali sumber-sumber sejarah baik tertulis maupun lisan.

3.        Mampu membuat buku ajar yang berbasis sumber sejarah.

4.        Mampu mengimplementasikan dan mengembangkan berbagai teori dan metode praktik pembelajaran sejarah.

5.        Mampu menulis buku-buku sejarah baik untuk pelajar di sekolah lanjutan, mahasiswa maupun untuk masyarakat umum.

6.        Mampu menulis artikel ilmiah sebagai hasil penelitian.

Metode Pembelajaran & Asesmen Tutorial, Bahasa pengantar yang digunakan (Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Bi-Lingual dsb), SCL, pemagangan, asesmen melalui UTS, UAS, portofolio.
Struktur dan Persyaratan Program Program Studi Magister Ilmu Sejarah menetapkan beban studi sebanyak 40 sks yang dapat diselesaikan dalam waktu dua semester dengan lama studi maksimal 10 semester.
Dukungan / Fasilitas bagi mahasiswa Internet, ruang diskusi, perpustakaan prodi, pelatihan bahasa Inggris, e-learning, ILS (Information dan Learning services; IT Library, media, e-learning, pelatihan bahasa asing di Pusat Bahasa Universitas, Pelatihan IT, bimbingan dan konseling dsb.

 

Profil Lulusan (Graduate Profile)

  1. Dosen/Pengajar
  2. Akademisi dan Peneliti
  3. Entrepreneur