Profil & Sejarah
Usaha mendirikan Fakultas Sastra dan Budaya di Universitas Diponegoro diawali dengan dibentuknya Panitia Pembentukan Fakultas Sastra dan Budaya Universitas Diponegoro berdasarkan Surat Keputusan Rektor UNDIP No.626/Sp/Adm/BUP/1965 tanggal 25 Januari 1965.
Dasar gagasan pendirian fakultas tersebut, sebagaimana tercermin dalam konsideran Surat Keputusan Rektor, antara lain: Jawa Tengah merupakan suatu daerah yang kaya sumber sejarah, budaya, dan kesusastraan Indonesia; sehingga dapat dipelajari dan dikembangkan sejarah, budaya, dan kesusasteran, maka sudah seharusnya didirikan sebuah fakultas yang bernama Fakultas Sastra dan Budaya di Universitas Diponegoro. Berkat kerja keras panitia, akhirnya gagasan mendirikan Fakultas Sastra dan Budaya Universitas Diponegoro terwujud pada tanggal 1 September 1965, dengan Surat Keputusan Menteri PTIP. No.173/1965, tanggal 21 Agustus 1965, dan diresmikan oleh Menteri PTIP dr. Syarif Thayeb pada tanggal 12 September 1965. Pada kesempatan itu sekaligus juga dilantik dekan yang pertama, yaitu: Prof. Soenario, S.H.
Pendirian fakultas sesuai dengan konsideran, yaitu mendidik calon-calon sarjana, khususnya dalam bidang kebudayaan Indonesia; maka satu-satunya departemen yang dibuka pada waktu itu adalah Departemen Indonesiologi. Sarjana-sarjana yang dihasilkan diharapkan dapat meneliti dan memperluas wawasan pengetahuan tentang kebudayaan Indonesia, sehingga mampu memperkenalkannya kepada dunia internasional.Sejalan dengan tuntutan zaman, pada tahun 1967 dibuka departemen baru, yaitu: Departemen Anglo Saxon. Mengingat dasar keindonesiaan merupakan tujuan utama, maka pemisahan jurusan baru dilakukan pada tahun ketiga. Sejak tahun 1968 kebijakan itu ditinjau kembali. Namun baru dalam rapat tanggal 31 Januari 1970, Senat Fakultas memutuskan bahwa pemilihan jurusan dapat dilakukan pada tahun kedua. Kecuali itu Senat Fakultas juga menerima usulan W.J.S. Poerwadarminta mengenai Departemen Indonesiologi dan Anglo Saxon pada tahun 1973, dan mulai dibuka tingkat doktoral; sedangkan Departemen Sejarah, karena keterbatasan pengajar, baru dibuka sampai tingkat sarjana muda. Oleh karena banyak mahasiswa yang tidak melanjutkan kuliah, maka baru pada tahun 1974 Fakultas Sastra Budaya Universitas Diponegoro bisa meluluskan dua orang sarjana pertama dari Departemen Indonesiologi dan Anglo Saxon.
Selebihnya
Website ResmiProgram Studi S1
1. Akreditasi
(A)
2243/SK/BAN-PT/Akred/S/VII/2019
2. Gelar Lulusan
Sarjana Sastra (S.S.)
3. Ijin Penyelenggaraan
106/Dikti/Kep/1984
4. Materi Yang Dipelajari
English language skills, Field of study on Linguistics, literature, American studies.
5. Profil Lulusan
Government Foreign affairs staff, translator, journalist, PR officer, researcher, teacher.
6. Metode Pembelajaran dan Asesmen
Student Centered Learning With Regular Assessment Through Daily Activies Assignment, Mid, And Post.
7. Struktur dan Persyaratan Program
Jumlah SKS = 144, semester = 8-14, mahasiswa harus fulltime, acuan standar isi BNSP tahun 2010.
8. Dukungan Fasilitas Bagi Mahasiswa
ILS (Information and Learning Service) : IT, perpustakaan, media, e-learning, pelatihan bahasa asing di pusat bahasa universitas, pelatihan IT, bimbingan dan konseling, dan lain-lain.
9. Website : https://english.fib.undip.ac.id/en/home
10. Email : englishdepartment@live.undip.ac.id
11. Kontak : (024)76480619
1. Akreditasi
(Unggul)
9865/SK/BAN-PT/Akred-Itnl/S/I/2023
2. Gelar Lulusan
Sarjana Sastra (S.S.)
3. Ijin Penyelenggaraan
SK Dirjen Dikti No. 220/Dikti/Kep/1996
4. Materi Yang Dipelajari
Dasar-dasar dan teori tentang bahasa, sastra dan fisologi, praktikum di bidang bahasa, sastra dan fisologi.
5. Profil Lulusan
Peneliti bidang bahasa, sastra fisologidan budaya, pengajar bahasa, sastra dan budaya mulai tingkat pendidikan dasar sampai perguruan tinggi, pamong budaya, pelaku jurnalistik (wartawan, editor ahli), pelaku penerbitan, penyiaran dan perfilman, pimpinan institusi pemerintah, BUMN, LSM yang bergerak dibidang budaya.
6. Metode Pembelajaran dan Asesmen
Tutorial, Student Center Learning (SCL), asesmen melalui UTS, UAS, portofolio dsb.
7. Struktur dan Persyaratan Program
Jumlah SKS = 144, semester = 8-14, mahasiswa harus fulltime, acuan standar isi BNSP tahun 2010.
8. Dukungan Fasilitas Bagi Mahasiswa
ILS (Information and Learning Service) : IT, perpustakaan, media, e-learning, pelatihan bahasa asing di pusat bahasa universitas, pelatihan IT, bimbingan dan konseling, dan lain-lain.
9. Website : https://sastraindonesia.fib.undip.ac.id/en/home/
10. Email : fakultas@undip.ac.id
11. Kontak : (024)76480619
1. Akreditasi
(Unggul)
9866/SK/BAN-PT/Akred-Itnl/S/I/2023
2. Gelar Lulusan
Sarjana Humaniora (S.Hum.)
3. Ijin Penyelenggaraan
SK Dirjen Dikti No. 106/D/T/K-N/1984
4. Materi Yang Dipelajari
Substansi faktual, konseptual, dan teoretis dalam ilmu sejarah; Dasar-dasar Teori dan Metodologi Penelitian Sosial dan Humaniora; Metode Pembelajaran Sejarah; Model Pengajaran Sejarah; Manajemen Pariwisata; Manajemen Warisan Budaya; Jurnalisme Sejarah; Sinematografi Sejarah; Sejarah Pragmatik/Terapan; Sejarah Pendidikan; Manajemen Aset Sejarah; Museologi; Kewirausahaan; Ilmu Kearsipan dan Perpustakaan, dan lain-lain.
5. Profil Lulusan
Peneliti Sejarah; Pengajar Sejarah; Penulis Sejarah; Pegawai Sejarah; Konsultan Sejarah; Wirausahawan Sejarah.
6. Metode Pembelajaran dan Asesmen
Tutorial, Student Center Learning (SCL), asesmen melalui UTS, UAS, portofolio dsb.
7. Struktur dan Persyaratan Program
Jumlah SKS = 144, semester = 8-14, mahasiswa harus fulltime, acuan standar isi BNSP tahun 2010.
8. Dukungan Fasilitas Bagi Mahasiswa
ILS (Information and Learning Service): IT, perpustakaan, media, e-learning, pelatihan bahasa asing di pusat bahasa universitas, pelatihan IT, bimbingan dan konseling, dan lain-lain.
9. Website : https://sejarah.undip.ac.id/en/home-en/
10. Email : sejarah@live.undip.ac.id
11. Kontak : (024) 76480691
1. Akreditasi
(A)
1178/SK/BAN-PT/Akred/S/V/2018
2. Gelar Lulusan
Sarjana Humaniora (S.Hum)
3. Ijin Penyelenggaraan
SK Dirjen Dikti No. 2675/D/T/K-N/2009
4. Materi Yang Dipelajari
Manajemen perpustakan dan pengelolaan informasi berbasis teknologi informasi, metode dan sarana penelusuran informasi, strategi pemasaran dan distribusi informasi, metode penelitian untuk Pusdokinfo dan beberapa materi lain yang berhubungan dengan kepustakawanan.
5. Profil Lulusan
Pustakawan Ahli (Mampu mengelola perpustakaan sebagai sumber informasi yang memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi berdasarkan kebutuhan informasi pengguna).
6. Metode Pembelajaran dan Asesmen
Tutorial, Student Center Learning (SCL), asesmen melalui UTS, UAS, portofolio dsb.
7. Struktur dan Persyaratan Program
Jumlah SKS = 145, semester = 8-14, mahasiswa harus fulltime, acuan standar isi BNSP tahun 2010.
8. Dukungan Fasilitas Bagi Mahasiswa
ILS (Information and Learning Service) : IT, perpustakaan, media, e-learning, pelatihan bahasa asing di pusat bahasa universitas, pelatihan IT, bimbingan dan konseling, dan lain-lain.
9. Website : https://ilpus.fib.undip.ac.id/language/id/beranda
10. Email : ilmuperpustakaan@live.undip.ac.id
11. Kontak : (024)74680169
1. Akreditasi
(B)
781/SK/BAN-PT/Akred/S/IV/2019
2. Gelar Lulusan
Sarjana Sosial (S.Sos.)
3. Ijin Penyelenggaraan
SK Dirjen DIKTI No. 088/P/2014 tanggal 5 Maret 2014
4. Materi Yang Dipelajari
Antropologi Sosial.
5. Profil Lulusan
Konsultan budaya, Pamong budaya, Peneliti sosial budaya, Akademisi bidang sosial budaya, Analis budaya, Perencana dan pengembangan sosial budaya, Tenaga profesional di industry media, Tenaga profesional di industry kreatif, seni dan budaya, Pekerja di sektor pemerintahan dan swasta, Pekerja social, Jurnalis dan editor budaya.
6. Metode Pembelajaran dan Asesmen
Tutorial, Student Center Learning (SCL), asesmen melalui UTS, UAS, portofolio dsb.
7. Struktur dan Persyaratan Program
Jumlah SKS = 144, semester = 8-14, mahasiswa harus fulltime, acuan standar isi BNSP tahun 2010.
8. Dukungan Fasilitas Bagi Mahasiswa
ILS (Information and Learning Service) : IT, perpustakaan, media, e-learning, pelatihan bahasa asing di pusat bahasa universitas, pelatihan IT, bimbingan dan konseling, dan lain-lain.
9. Website : https://antropologi.fib.undip.ac.id/
10. Email : antropologi@live.undip.ac.id
11. Kontak : (024)74680169
1. Akreditasi
(A)
1787/SK/BAN-PT/Akred/S/V/2019
2. Gelar Lulusan
Sarjana Linguistik (S.Li.)
3. Ijin Penyelenggaraan
SK Dirjen Dikti no. 1938/D/T/2009
4. Materi Yang Dipelajari
Dasar dasar teori sastra, budaya dan linguistik, kemampuan berbahasa Jepang lisan dan tulisan, sosio kultural Jepang dengan materi pendukung sesuai dengan proporsinya.
5. Profil Lulusan
Peneliti
Akademisi
Penerjemah
Editor
6. Metode Pembelajaran dan Asesmen
Tutorial, Student Center Learning (SCL), asesmen melalui UTS, UAS, portofolio dsb.
7. Struktur dan Persyaratan Program
Jumlah SKS = 146, semester = 8-14, mahasiswa harus fulltime, acuan standar isi BNSP tahun 2010.
8. Dukungan Fasilitas Bagi Mahasiswa
ILS (Information and Learning Service) : IT, perpustakaan, media, e-learning, pelatihan bahasa asing di pusat bahasa universitas, pelatihan IT, bimbingan dan konseling, dan lain-lain.
9. Website : http://s1bkj.fib.undip.ac.id/home/
10. Email : sastrajepangundip@gmail.com
11. Kontak : (024)74680169
1. Tujuan Program Pendidikan
IUP merupakan program sarjana untuk mengakomodasi kebutuhan masyarakat terhadap pendidikan bertaraf internasional. Dengan demikian, mahasiswa akan mendapat kurikulum berbasis standar internasional dalam bidang sastra, bahasa, dan kebudayaan. Kurikulum juga mengakomodasi muatan lokal yang disesuaikan dengan bidang kajian.
2. Materi Yang Dipelajari
Perkuliahan dilakukan sepenuhnya dalam Bahasa Inggris dengan tujuan untuk membekali mahasiswa dengan kompetensi bahasa Inggris yang baik secara tertulis dan lisan. Mahasiswa juga dibekali dengan pemahaman terhadap kebudayaan penutur asli bahasa Inggris.
Program IUP Sastra Inggris menitikberatkan pada bidang kajian sastra. Disamping itu, mahasiswa juga akan mendapatkan pengetahuan dalam bidang kajian bahasa dan kebudayaan masyarakat Amerika. Seluruh mahasiswa program IUP akan mendapatkan pengalaman menjadi bagian dari masyarakat global melalui pertukaran pelajar internasional.
Mahasiswa mendapatkan teori-teori bahasa, sastra dan kebudayaan dalam kegiatan belajar mengajar di kelas dan jejaring kerja melalui program magang, kewirausahaan, pelatihan dan kelompok belajar. Seluruh mahasiswa program IUP mendapatkan pengalaman menjadi bagian dari masyarakat internasional melalui program pertukaran pelajar internasional.
Setiap mahasiswa IUP memiliki kesempatan untuk mengikuti program Single Degree. Mahasiswa program Single Degree menempuh perkuliahan di Universitas Diponegoro selama 7 semester dan diwajibkan mengikuti program pertukaran mahasiswa (Student Exchange) dengan universitas mitra selama 1 semester.
Pertukaran mahasiswa mempunyai keuntungan strategis yaitu mahasiswa mendapatkan pengalaman untuk memiliki kompetensi pengetahuan lintas budaya dan kemampuan beradaptasi pada sistem pendidikan di universitas mitra untuk meningkatkan daya saing di tingkat global.
Universitas Mitra :
1. Asia University (Taiwan).
2. Trinity Christian College (Amerika Serikat).
3. Daftar tersebut masih akan bertambah karena saat ini Fakultas Ilmu Budaya sedang melakukan penjajagan dengan beberapa universitas seperti National Yunlin University of Science and Technology (Taiwan) dan universitas dari negara lain.
3. Profil Lulusan
Government Foreign affairs staff, translator, journalist, PR officer, researcher, teacher.
4. Persyaratan
1. Siswa lulusan SMA/ SMK/MA atau yang sederajat, lulus ujian persamaan, atau yang setara lainnya (paket C) dengan usia maksimal 20 tahun.
2. Memiliki kemampuan berbahasa Inggris yang baik. Kecakapan berbahasa Inggris dapat dibuktikan melalui Diponegoro English Test (DET) dan tes wawancara.
3. Memiliki kapabilitas dalam bidang akademik yang baik dengan mengikuti Diponegoro Scholastic Test.
4. Sertifikat Toefl ITP/Toefl iBT/IELTS (jika ada).
5. Fasilitas
1. Akses jurnal gratis.
2. Akses internet melalui jaringan wifi UNDIP.
3. Perpustakaan dengan koleksi buku yang lengkap dan dapat diakses melalui elektronik.
4. Setiap kelas dilengkapi dengan AC, unit komputer, perangkat audio dan video termasuk proyektor LCD.
5. Laboratorium computer.
6. Rumah susun mahasiswa, tempat olahraga dan pusat kesehatan mahasiswa lainnya.
6. Website : https://english.fib.undip.ac.id/en/home
7. Email : englishdepartment@live.undip.ac.id
8. Kontak : (024)76480619
Program Studi Pasca Sarjana
1. Akreditasi
Nasional
Peringkat : B
SK Akreditasi : BAN-PT No. 3936/SK/BAN-PT/Akred/M/VII/2020
2. Gelar Lulusan
Magister Susastra (M.S.)
3. Ijin Penyelenggaraan
SK DIKTI No. 3207/D/T/2002.
4. Materi Yang Dipelajari
Magister Ilmu Susastra memiliki tiga konsentrasi, yakni sastra Inggris, Sastra Indonesia, dan Sastra Nusantara. Konsentrasi Sastra Inggris lebih menekankan pada kajian mutakhir yang terkait dengan feminis dan kritikus pokok-tokoh sastra Inggris. Kosentrasi Sastra Indonesia lebih menekankan pada kajian sosiologi dan multikulturalisme sastra. Konsentrasi Sastra Nusantra lebih menekankan pada sastra dan budaya pesisiran dengan pengembangan local colour.
5. Profil Lulusan
Peneliti Sastra yang handal
Kritikus Sastra yang profisional
Akademisi sastra (dosen, konsultan, dan guru) yang professional, kreatif dan inovatif
Kreator Sastra dan Budaya yang professional
6. Metode Pembelajaran dan Asesmen
Metode Pembelajaran : Ceramah, Studi Kasus/case study, Diskusi, Presentasi, dan soft skill.
Asesmen : Tugas studi kasus (makalah), Presentasi, Ujian Tengah Semester, Ujian Akhir Semester, artikel.
7. Struktur dan Persyaratan Program
Lulusan Sarjana Strata 1
IPK Minimal 3
Ijazah dan transkrip nilai
Rekomendasi Akademik dari 2 orang (dosen pembimbing S1/ atasan langsung dg kualifikasi min. S2)
Surat Penyataan kesanggupan menyelesaikan studi
Proyeksi/ Gambaran umum tentang penelitian Tesis yang akan diambil
Sertifikat TOEFL min. 425
8. Dukungan Fasilitas Bagi Mahasiswa
Ruang kuliah, ruang konsultasi, perpustakaan, ruang kegiatan mahasiswa, ruang publik (gedung olah raga, ruang seni, mushola, tempat parkir, taman).
9. Website : https://susastra.fib.undip.ac.id/
10. Email : s2susastra@gmail.com
11. Kontak : Kantor : (024)74680619
Admin : 082137016245
1. Akreditasi
Nasional
Peringkat : Unggul
SK Akreditasi : BAN-PT No. 9906/SK/BAN-PT/Ak/M/XI/2022
2. Gelar Lulusan
Magister Humaniora (M. Hum.)
3. Ijin Penyelenggaraan
Surat Dirjen Dikti Depdiknas Nomor 4923/D/T/2006
4. Materi Yang Dipelajari
Mata kuliah wajib dan mata kuliah pilihan serta tesis dengan mengikuti sistem kredit semester (sks). Kurikulum ini diorganisasikan ke dalam rangkaian proses pembelajaran selama empat semester dengan beban studi 40 sks. Ada beberapa mata kuliah yang menjadi unggulan, di antaranya Sejarah Maritim; Nasionalisme dan Karakter Bangsa; Teori Integrasi; Antropologi Maritim. Dengan kurikulum itu, lulusan Magister Ilmu Sejarah diharapkan dapat menguasai kemampuan teoretis dan praktis secara baik, sehingga mereka mampu menjadi sejarawan yang mumpuni di bidangnya.
5. Profil Lulusan
Dosen, guru, peneliti, wartawan, serta staf ahli lembaga negara.
6. Metode Pembelajaran dan Asesmen
Research-based teaching (pembelajaran yang berbasis penelitian).
Asesmen terutama didasarkan atas karya artikel dan penelitian mahasiswa.
7. Struktur dan Persyaratan Program
Strukstur program : teoritik (semester pertama), penelitian & penulisan publikasi, penelitian dan penulisan tesis.
8. Dukungan Fasilitas Bagi Mahasiswa
Ruang kuliah memadai
Program online lecture dengan MS Teams yang sudah tersistem secara integrative
Grup diskusi untuk mengatasi berbagai persoalan studi
9. Website : https://misej.undip.ac.id/
10. Email : misej@live.undip.ac.id
11. Kontak : (024) 76480619
1. Akreditasi
Nasional
Peringkat : A
SK Akreditasi : BAN-PT No. 1778/SK/BAN-PT/Akred/M/V/2019
2. Gelar Lulusan
Magister Linguistik (M.Li.)
3. Ijin Penyelenggaraan
SK Dirjen Dikti Depdikbud No. 1340/D/T/2005
4. Materi Yang Dipelajari
Program Studi S2 Linguistik menawarkan 2 (dua) konsentrasi, yaitu: Linguistik Umum dan Linguistik Terapan. Konsentrasi Linguistik Umum mengkhususkan pada kajian teoretis ilmu bahasa dengan pendekatan generatif, yang merupakan salah salah satu pendekatan mutakhir dalam kajian linguistik deskriptif. Adapun linguistik terapan mengkhususkan pada kajian praktis atau penerapan ilmu bahasa dalam pengajaran bahasa Inggris, ESP (English for specific Purposes), dan kajian penerjemahan melalui penelitian.
5. Profil Lulusan
Konsultan KebahasaanPraktisi Ilmu Kebahasaan
Manajer Institusi Pendidikan Bahasa Inggris
Peneliti Bahasa dan Budaya, di bidang Linguistik Umum atau linguistik Terapan
Akademisi Bahasa dan Budaya (Dosen, Guru, Tutor)
6. Metode Pembelajaran dan Asesmen
Metode Pembelajaran : Ceramah (research based teaching), Studi Kasus (case study), Diskusi, Presentasi
Asesmen : Tugas studi kasus, Ujian Tengah Semester/ Presentasi, Ujian Akhir Semester/ paper.
7. Struktur dan Persyaratan Program
Struktur Kurikulum Prodi S2 Linguistik meliputi : Mata Kuliah Tatap Muka (24 sks), Publikasi Ilmiah (3 sks), dan Penelitian dan Penulisan Tesis (10 sks).
8. Dukungan Fasilitas Bagi Mahasiswa
Ruang kuliah yang sangat memadai, Program kuliah online dengan MS Teams yang sudah tersistem secara integratif, Ruang konsultasi, Perpustakaan dan Jurnal-jurnal online yang terintegrasi dengan SSO (Single Sign On), Ruang bersama (Gedung Olah Raga, Ruang Seni, Mushola).
9. Website : https://mli.fib.undip.ac.id
10. Email : mli@live.undip.ac.id
11. Kontak : Paramita Sufiantini, SKM (+6282136958015)
1. Akreditasi
Nasional
Peringkat : B
SK Akreditasi : BAN-PT No. 5078/BAN-PT/Akred/D/IX/2020
2. Gelar Lulusan
Doktor (Dr.)
3. Ijin Penyelenggaraan
SK Rektor Undip No. 1125/UN7.P/HK/2016
4. Materi Yang Dipelajari
Aspek teoritik penelitian dan penulisan sejarah
Praktik penelitian dan penulisan artikel untuk publikasi di jurnal berreputasi
Praktik penelitian dan penulisan disertasi
5. Profil Lulusan
Peneliti Sejarah, Pendidik Sejarah, Staf Ahli dalam Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Analisis kebijakan Publik Bidang Sosial Budaya.
6. Metode Pembelajaran dan Asesmen
Research-based teaching (pembelajaran yang berbasis penelitian).
Asesmen terutama didasarkan atas karya artikel dan penelitian mahasiswa.
7. Struktur dan Persyaratan Program
Strukstur program : teoritik (semester pertama), penelitian & penulisan publikasi, penelitian dan penulisan tesis.
8. Dukungan Fasilitas Bagi Mahasiswa
Ruang kuliah memadai
Program online lecture dengan MS Teams yang sudah tersistem secara integrative
Grup diskusi untuk mengatasi berbagai persoalan studi
9. Website : http://psds.undip.ac.id
10. Email : psds@live.undip.ac.id
11. Kontak : (024) 76480619