Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB)

Profil & Sejarah

Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro yang telah berdiri pada tanggal 14 Maret 1960 adalah salah satu Fakultas di Universitas Diponegoro, Semarang. Sejak tahun 2011, Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro telah berganti nama menjadi Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro (FEB UNDIP). FEB UNDIP memiliki 3 Departemen, antara lain: Departemen Manajemen, Departemen Ilmu Ekonomi dan Departemen Akuntansi. FEB UNDIP memiliki 8 (delapan) Program Studi dan 1 (satu) Program Doktor antara lain:

  1. Departemen Manajemen: Program Studi Manajemen dan Program Studi Magister Manajemen
  2. Departemen Ilmu Ekonomi: Program Studi Ilmu Ekonomi, Program Studi Ekonomi Islam dan Program Studi Magister Manajemen
  3. Departmen Akuntansi: Program Studi Akuntansi, Program Studi Magister Akuntansi dan Program Pendidikan Profesi Akuntan
  4. Program Doktor Ilmu Ekonomi

FEB UNDIP mempunyai jenjang pendidikan Sarjana (S1), Magister (S2) dan Doktor (S3). Program Magister terdiri dari Magister Manajemen (berdiri tahun 1997), Magister Akuntansi (berdiri tahun 1999) and Magister Ilmu Ekonomi (berdiri tahun 2000) dan Program Doktor yang telah dibuka sejak tahun 2002. FEB UNDIP juga memiliki program profesional yang dinamakan Pendidikan Profesi Akuntan yang didirikan sejak tahun 2003. Semua program pendidikan di FEB UNDIP telah meraih akreditasi “A” oleh Badan Akreditasi Nasional – Perguruan Tinggi, Republik Indonesia. Selain telah terakreditasi dengan peringkat A BAN-PT, FEB UNDIP pada bulan November 2020 mendapatkan akreditasi internasional dari lembaga internasional FIBAA yang berpusat di Jerman.

Sejak tahun 2010, Program sarjana telah menempati kampus baru di Prof. Soedarto, SH. Tembalang, Semarang. Program Pascasarjana dan Profesi Akuntansi tetap menempati di kampus Erlangga, Jl. Erlangga Tengah No. 17 Semarang.

Selebihnya

Website Resmi

Program Studi S1

1. Akreditasi
Nomor :  007/DE/A.5/AR.12/IX/2023 Akreditasi UNGGUL
Akreditasi Internasional Melalui FIBAA
Period of Accreditation : November 26, 2021 to November 25, 2026

2. Gelar Lulusan
S.Ak. (Sarjana Akuntansi)

3. Ijin Penyelenggaraan
SK Dirjen Dikti No : 106/DIKTI/KEP/1984

4. Materi Yang Dipelajari
Akuntansi keuangan, Akuntasi pemerintahan, Auditing, Akuntansi Manajemen.

5. Profil Lulusan
Akuntan Manajemen, Auditor, Akuntan Sektor Publik, Pengembang Sistem Informasi, Akademisi.

6. Metode Pembelajaran dan Asesmen
Metode pembelajaran yaitu Tutorial, case method, project-based learning dan Student Center Learning (SCL). Asesmen melalui Ujian Tengah Semester (UTS), Ujian Akhir Semester (UAS), tugas, dsb.

7. Struktur dan Persyaratan Program
Jumlah SKS= 147 (kurikulum 2017), SKS=146 (Kurikulum 2020), mahasiswa harus full time.

8. Dukungan Fasilitas Bagi Mahasiswa
Bloomberg Financial Markets Laboratory, Laboratorium Komputer, Klinik Kewirausahaan dan Inkubator Bisnis (KKIB), Single Sign on (SSO) System, Akses Jurnal Internasional Online.

9. Website : https://akuntansi.feb.undip.ac.id/
10. Email : accounting@live.undip.ac.id
11. Kontak : (024) 76486851007/DE/A.5/AR.12/IX/2023

1. Akreditasi
006/DE/A.5/AR.12/IX/2023 Terakreditasi UNGGUL
Akreditasi Internasional Melalui FIBAA
Period of Accreditation: November 26, 2021 to November 25, 2026

2. Gelar Lulusan
Sarjana Ekonomi (S.E.)

3. Ijin Penyelenggaraan
14 Maret 1960

4. Materi Yang Dipelajari
Ekonomi Makro, Ekonomi Mikro, Ekonomi Publik, Ekonomi Moneter, Ekonomi Internasional, Ekonomi Pembangunan dll.

5. Profil Lulusan
Analis Bidang Ekonomi.

6. Metode Pembelajaran dan Asesmen
Metode pembelajaran yaitu Tutorial case method, project-based learning dan Student Center Learning (SCL). Asesmen melalui Ujian Tengah Semester (UTS), Ujian Akhir Semester (UAS), tugas, dsb.

7. Struktur dan Persyaratan Program
Jumlah SKS = 147 (kurikulum 2017), SKS =146 (Kurikulum 2020), mahasiswa harus full time.

8. Dukungan Fasilitas Bagi Mahasiswa
Bloomberg Financial Markets Laboratory, Laboratorium Komputer, Klinik Kewirausahaan dan Inkubator Bisnis (KKIB), Single Sign on (SSO) System, Akses Jurnal Internasional Online.

9. Website : https://ie.feb.undip.ac.id/
10. Email : economics@live.undip.ac.id
11. Kontak : 08112559699

1. Akreditasi
008/DE/A.5/AR.12/IX/2023 Terakreditasi UNGGUL
Akreditasi Internasional Melalui FIBAA
Period of Accreditation: November 26, 2021 to November 25, 2026

2. Gelar Lulusan
Sarjana Manajemen (S.M.)

3. Ijin Penyelenggaraan
Surat Keputusan Dirjen Dikti Depdiknas Nomor 4639/D/T/K-N/2010

4. Materi Yang Dipelajari
Dasar-dasar keahlian manajerial, kewirausahaan, Etika Bisnis.

5. Profil Lulusan
Manajer Lini Pertama, Peneliti Pemula, Wirausahawan Pemula

6. Metode Pembelajaran dan Asesmen
Metode pembelajaran yaitu Tutorial case method, project-based learning dan Student Center Learning (SCL). Asesmen melalui Ujian Tengah Semester (UTS), Ujian Akhir Semester (UAS), tugas, dsb.

7. Struktur dan Persyaratan Program
Jumlah SKS= 148 (kurikulum 2017), SKS=146 (Kurikulum 2020), mahasiswa harus full time.

8. Dukungan Fasilitas Bagi Mahasiswa
Bloomberg Financial Markets Laboratory, Laboratorium Komputer, Klinik Kewirausahaan dan Inkubator Bisnis (KKIB), Single Sign on (SSO) System, Akses Jurnal Internasional Online.

9. Website : https://manajemen.feb.undip.ac.id/
10. Email : manajemen@live.undip.ac.id
11. Kontak : (024) 76486851 / 76485853

1. Akreditasi  
009/DE/A.5/AR.12/IX/2023 Terakreditasi UNGGUL
Akreditasi Internasional Melalui FIBAA
Period of Accreditation: November 26, 2021 to November 25, 2026

2. Gelar Lulusan
Sarjana Ekonomi (S.E.)

3. Ijin Penyelenggaraan
Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI No. 29/E/0/2014

4. Materi Yang Dipelajari
Dasar – dasar keahlian manajerial, kewirausahaan, Etika Bisnis.

5. Profil Lulusan :
Peneliti Muda, Wirausahawan, Manajer Muda, Perencana Program Pemberdayaan dan Pengembangan.

6. Metode Pembelajaran dan Asesmen
Metode pembelajaran yaitu Tutorial case method, project-based learning dan Student Center Learning (SCL). Asesmen melalui Ujian Tengah Semester (UTS), Ujian Akhir Semester (UAS), tugas, dsb.

7. Struktur dan Persyaratan Program
Jumlah SKS = 147 (kurikulum 2017), SKS =146 (Kurikulum 2020), mahasiswa harus full time.

8. Dukungan Fasilitas Bagi Mahasiswa
Bloomberg Financial Markets Laboratory, Laboratorium Komputer, Klinik Kewirausahaan dan Inkubator Bisnis (KKIB), Single Sign on (SSO) System, Akses Jurnal Internasional Online.

9. Website : https://ekis.feb.undip.ac.id/
10. Email : ekonomiislam.feb@gmail.com
11. Kontak : (024) 76486851

1. Akreditasi
No 001/DE/A.5/AR.11/VI/2023 Terakreditasi Baik (LAMEMBA)
Period of Accreditation: June 7, 2023 to June 6, 2025

2. Gelar Lulusan
Sarjana Bisnis Digital (S.Bd.)

3. Ijin Penyelenggaraan
Keputusan Rektor Universitas Diponegoro
Nomor :  56/UN7.A/HK/VI/2023

4. Materi Yang Dipelajari
Digital Marketing, Financial Technology, Machine Learning, Blockchain, Big Data Analytic, Product Development.

5. Profil Lulusan :
Digital Strategist, Bussiness Development, Entrepreneur in Start-Up Business, Data Scientist, Financial Analyst.

6. Metode Pembelajaran dan Asesmen
Metode pembelajaran yaitu Tutorial, Case method, Project-Based, Learning dan Student Center Learning(SCL). Asesmen melalui Ujian Tengah Semester (UTS), Ujian Akhir Semester (UAS), Tugas, dsb

7. Struktur dan Persyaratan Program
Jumlah SKS = 143 , mahasiswa harus full time.

8. Dukungan Fasilitas Bagi Mahasiswa
Bloomberg Financial Markets Laboratory, Laboratorium Komputer, Klinik Kewirausahaan dan Inkubator Bisnis (KKIB), Single Sign on (SSO) System, Akses Jurnal Internasional Online.

9. Website : https://bisnisdigital.feb.undip.ac.id/
10. Email : manajemen@live.undip.ac.id
11. Kontak : (024) 76486850

IUP PRODI :
S1 MANAJEMEN
S1 AKUNTANSI
S1 EKONOMI

1 Tujuan Program Pendidikan
International Undergraduate Program atau Program Sarjana Internasional (IUP) merupakan program Sarjana yang dirancang untuk memenuhi tuntutan kompetisi global saat ini.

2. Materi Yang Dipelajari
Program IUP menggunakan pengantar Bahasa Inggris dengan kurikulum yang sejajar dengan standar sekolah bisnis terkemuka di dunia.
Selama kuliah, mahasiswa mendapatkan teori-teori dalam kegiatan belajar mengajar dalam kelas dan jaringan inovatif melalui internship, kompetisi kasus bisnis, bursa kerja, dan kelompok belajar. Seluruh mahasiswa program IUP juga akan mendapatkan pengalaman menjadi bagian dari masyarakat global melalui program double degree atau pertukaran pelajar internasional. Setiap mahasiswa IUP memiliki kesempatan untuk memilih salah satu dari program yang ditawarkan, yaitu:
1. Program double degree
Pada Program ini mahasiswa mendapatkan dua gelar setelah lulus yaitu dari Undip dan Universitas mitra. Karena kurikulum IUP berstandar internasional, mata kuliah yang telah diambil dapat ditransfer ke universitas mitra ataupun universitas lain di seluruh dunia. Mahasiswa akan menempuh separuh masa studinya di Undip (4 semester) dan sisanya akan ditempuh di luar negeri.
2. Program single degree
Mahasiswa single degree menempuh perkuliahan di Undip selama 7 semester dan diwajibkan ada International Expossure. Hal ini bertujuan agar lulusan single degree memiliki kompetensi lintas budaya dan kemampuan dalam beradaptasi pada lingkungan baru untuk memenuhi tuntutan kompetisi global saat ini.
Universitas mitra Luar Negeri yang telah bekerja sama adalah :
Haaga-Helia University of Applied Sciences (Finlandia), Saxion University of Applied Sciences (Belanda), Université de Nantes (Perancis), Curtin University (Australia), Tunghai University (Taiwan), Nagoya University (Japan), Leiden University, the Netherland

3. Profil Lulusan
Setelah menyelesaikan studi IUP diharapkan memiliki pengetahuan dan keterampilan untuk berhasil dalam lingkungan bisnis global.

4. Persyaratan
Umum
a) Lulusan SMA/ sederajat Indonesia, A-level qualification, atau IB qualification.
b) Memiliki kecakapan Bahasa Inggris yang baik. Persyaratan ini mutlak diperlukan karena seluruh perkuliahan dilakukan dalam Bahasa Inggris. Kecakapan Bahasa Inggris calon mahasiswa akan diukur melalui Diponegoro English Test (DET) pada saat ujian masuk.
c) Memiliki kapabilitas dalam bidang akademik yang baik, dibuktikan dengan Diponegoro Scholastic Test (DMST).
Khusus
a) Pas foto warna (4×6).
b) Nilai rapor kelas 10 sampai kelas 11 dan semester satu kelas 12.
c) Sertifikat tanda kelulusan atau ijazah tingkat SMA/ Level A/ International Baccalaureante atau sertifikat yang setara.
d) Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional (SKHUN).
e) Kartu identitas (KTP/ SIM/ Paspor/ Kartu Siswa).
f) Sertifikat TOEFL ITP/ TOEFL IBT/ IELTS (jika ada).

5. Fasilitas
a) Bloomberg Financial Markets Laboratory
b) Akses jurnal gratis untuk EBSCO, Proquest, Science Direct, IEE Explore, Emerald, Springerlink, etc.
c) Akses internet melalui jaringan wifi.
d) Perpustakaan dengan koleksi buku yang besar.
e) Pencarian Perpustakaan Elektronik.
f) Setiap kelas dilengkapi dengan AC, unit komputer, perangkat audio dan video termasuk proyektor LCD.
g) English Language Support Center.
h) Laboratorium Komputer.
i) Rumah susun mahasiswa, tempat olahraga, dan pusat kesehatan mahasiswa.
j) Coffee shop.
k) Merchandise shop.

6. IUP S1 MANAJEMEN
Web : https://manajemen.feb.undip.ac.id/
Email : manajemen@live.undip.ac.id
Kontak : (024) 76486851 / 76485853

7. IUP S1 AKUNTANSI
Web : https://akuntansi.feb.undip.ac.id/
Email : accounting@live.undip.ac.id
Kontak : (024) 76486851

8 IUP S1 EKONOMI
Web : https://ie.feb.undip.ac.id/
Email : economics@live.undip.ac.id
Kontak : 081125596

Program Studi Pasca Sarjana

1. Akreditasi
a). Nasional
Peringkat : UNGGUL
SK Akreditasi : No. 011/DE/A.5/AR.12/IX/2023
b). Internasional
Akreditasi International dari ABEST 21 sejak tahun 2015
FIBAA (Foundation for International Business Administration) – Germany
26 November 2021 – 25 November 2026

2. Gelar Lulusan
Magister Akuntansi (M.Ak.)

3. Ijin Penyelenggaraan
SK Dirjen Dikti No. 135/DIKTI/Kep/1999

4. Materi Yang Dipelajari
Akuntansi Korporat, Akuntansi Forensik, Akuntansi Pemerintah

5. Profil Lulusan
Akademisi Akuntansi, Peneliti Akuntansi, Profesional Akuntansi

6. Metode Pembelajaran dan Asesmen
Pembelajaran diberikan dalam bentuk ceramah, case study, dan pembelajaran mandiri. Materi perkuliahan meliputi berbagai sebagai khasanah IPTEKS yang akan dibangun prodi ataupun dapat juga dipilih berdasarkan analisis kebutuhan dunia kerja/ profesi yang akan diterjuni lulusan di masa datang. Evaluasi pembelajaran mengacu pada capaian pembelajaran. Capaian Pembelajaran Lulusan merupakan kemampuan yang harus dimiliki sesuai dengan profil lulusan. Capaian Pembelajaran harus merujuk pada KKNI dan Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SNPT).

7. Struktur dan Persyaratan Program
Lembaga pendidikan tinggi ilmu akuntansi strata dua yang memiliki tiga bidang konsentrasi, yaitu akuntansi korporat, akuntansi pemerintahan dan akuntansi forensik. Untuk bisa dinyatakan lulus mahasiswa harus menempuh total 45 sks termasuk tesis.

8. Dukungan Fasilitas Bagi Mahasiswa
Perpustakaan, laboratorium, ruang kelas, parkir, musholla, kamar mandi, kelas wifi, taman baca.

9. Website : maksi.feb.undip.ac.id
10. Email : Magister_AkuntansiFEB@live.undip.ac.id / maksi.febundip@gmail.com
11. Kontak : (024) 8452274 / 085725282289 / 089630839449 / 089514513754

1. Akreditasi
a). Nasional
Peringkat : UNGGUL
SK Akreditasi : No. 010/DE/A.5/AR.12/IX/2023.

b). Internasional
FIBAA (Foundation for International Business Administration) – Germany
26 November 2021 – 25 November 2026

2. Gelar Lulusan
Magister Ekonomi (M.E.)

3. Ijin Penyelenggaraan
Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan No. 63/DIKTI/Kep/2000 tanggal 15 Maret 2000.

4. Materi Yang Dipelajari
Ilmu ekonomi (ekonomi sebagai sains) dan ekonomi terapan. Teori dan konsep ilmu ekonomi sebagai fondasi kebijakan dan program pembangunan. Mata kuliah inti keilmuan adalah Mikroekonomi, Makroekonomi dan Ekonomi Pembangunan. Dilengkapi dengan Ekonomi Kelembagaan, Metodologi Penelitian, Publikasi Ilmiah dan mata kuliah keahlian.

5. Profil Lulusan
Ahli (Master), menguasai teori ekonomi dan aplikasi empiris di bidang ekonomi tertentu dan mengembangkan ipteks melalui riset inter/ multi-disiplin, untuk dapat menjadi professional di bidang Pendidikan, penelitian, birokrasi dan kewirausahaan.

6. Metode Pembelajaran dan Asesmen
Perpaduan antara tatap muka, diskusi, collaborative work, dan skill building activities. Mahasiswa ditargetkan sebagai pusat pembelajaran (SCL).

7. Struktur dan Persyaratan Program
Terdiri dari 2 program : program dengan kuliah (by course) dan program dengan riset (by research), masing-masing 38 sks dan 41 sks. Ditempuh dalam waktu 4 Semester. Mahasiswa harus full time harus full time.

8. Dukungan Fasilitas Bagi Mahasiswa
Sistem informasi akademik berbasis web melalui Single Sign On (SSO), Laboratorium Data Ekonomi dari Bloomberg, Laboratorium Komputer, Software, akses jurnal internasional online, co-working space, dan forum-forum akademik/ ilmiah.

9. Website : https://mie.feb.undip.ac.id/
10. Email : magisterekonomi@live.undip.ac.id
11. Kontak : Program Pascasarjana FEB Undip
Jl. Hayam Wuruk No. 5, Pleburan, Semarang 50241
Telp : 08442273, (024) 8417006
Fax : (024) 8442273

1. Akreditasi
a). Nasional
Peringkat : UNGGUL
SK Akreditasi : No 012/DE/A.5/AR.12/IX/2023
b). Internasional
ABEST21
FIBAA (Foundation for International Business Administration) – Germany
26 November 2021 – 25 November 2026

2. Gelar Lulusan
Magister Manajemen (M.M.)

3. Ijin Penyelenggaraan
SK Dirjen Dikti No. 166/DIKTI/Kep/1994

4. Materi Yang Dipelajari
Manajemen

5. Profil Lulusan
Profesional Manajer, Peneliti, Konsultan Manajemen, Pendidik.

6. Metode Pembelajaran dan Asesmen
Tatap muka dengan asesmen akhir pembuatan tesis magister.

7. Struktur dan Persyaratan Program
Diselesaikan dalam 4 semester. Mahasiswa wajib mengikuti persyaratan yang ditentukan Prodi untuk kelulusan, diantaranya magang, penulisan studi kasus dan kewajiban publikasi sebelum diperkenankan mendaftar ujian tesis.

8. Dukungan Fasilitas Bagi Mahasiswa
Laboratorium, Galeri Investasi BEI, BI Corner, Fasilitas Bloomberg, Perpustakaan, Single Sign On (SSO), Unit Pengembangan Komputer, Hotspot WIFI, Co-Working Space, Poliklinik Mahasiswa UNDIP di RSND, Ruang Kelas.

9. Website : https://mm.feb.undip.ac.id/
10. Email : mm@live.undip.ac.id
11. Kontak : (024) 8441636 / 8449010

1. Akreditasi
Nasional
Peringkat : A
SK Akreditasi No. 3680/SK/BAN-PT/Ak-PPJ/PP/VI/2020

2. Gelar Lulusan
Akuntan (Ak.)

3. Ijin Penyelenggaraan
SK Dirjen Dikti No. 945/D/T/2003

4. Materi Yang Dipelajari
Sistem Informasi dan Pengendalian Internal, Audit dan Assurans, Manajemen Risiko, Audit Forensik, Magang Profesi.

5. Profil Lulusan
Communicator, Professional, Leader, Enterpreuner, Thinker, Educator.

6. Metode Pembelajaran dan Asesmen
Perkuliah tatap muka, pemecahan masalah, praktikum.

7. Struktur dan Persyaratan Program
Pendidikan Profesi Akuntansi berada di bawah Departemen Akuntansi, Fakultas Ekonomika dan Bisnis UNDIP.

8. Dukungan Fasilitas Bagi Mahasiswa
Laboratorium Komputer atau PPAk Tes Center untuk pelaksanaan ujian CA dan CPA.
Modul ujian sertifikasi akuntan dan text book pendukung.
Ruang perkuliahan dengan fasilitas pendukung yang memadai.

9. Website : https://ppa.feb.undip.ac.id/
10. Email : ppafebundip@gmail.com
11. Kontak : (024) 8450661 / 0813-9335-5369

1. Akreditasi
a). Nasional
Peringkat : UNGGUL
SK Akreditasi : 013/DE/A.5/AR.12/IX/2023
b). Internasional
FIBAA (Foundation for International Business Administration) – Germany
26 November 2021 – 25 November 2026

2. Gelar Lulusan
Doktor (Dr.)

3. Ijin Penyelenggaraan
SK Dirjen Dikti No. 497/D/2002

4. Materi Yang Dipelajari
Kajian filsafat, teoritis, konseptual, dan empiris bidang ekonomi/ manajemen/ akuntansi.

5. Profil Lulusan
Ilmuwan (Dosen, Peneliti), Birokrat, Entrepreneur.

6. Metode Pembelajaran dan Asesmen
Metode Pembelajaran : Research-Based Learning, Project-Based Learning, dan Student-Centered Learning.
Asesmen : Penilaian keberhasilan mahasiswa dilakukan dengan menggunakan pendekatan yang berbeda (sesuai dengan jenis mata kuliah), yang mencakup ujian tertulis/ assignment, ujian kualifikasi, ujian proposal, ujian Hasil Penelitian/Kelayakan dan Ujian Akhir (Tertutup/ promosi).

7. Struktur dan Persyaratan Program
a). Doctor By Course (kuliah tatap muka dan riset)
Total kredit = 47 sks (mata kuliah wajib tatap muka 10 sks, mata kuliah penelitian dan publikasi 31 sks dan disertasi 6 sks)
Lama studi yang ditargetkan = 6 semester (3 tahun)
Lama studi maksimal = 14 semester (7 tahun)
b). Doctor By Research (full research)
Total kredit = 47 sks (mata kuliah wajib tatap muka 3 sks, mata kuliah penelitian dan publikasi 38 sks dan disertasi 6 sks)
Lama studi yang ditargetkan = 6 semester (3 tahun)
Lama studi maksimal = 14 semester (7 tahun)

8. Dukungan Fasilitas Bagi Mahasiswa
Bloomberg Laboratory, Cubical Room dan ruang diskusi, International Journal (ScienceDirect, Emerald dll), Perpustakaan Lengkap, Laboratorium Komputer, Pelatihan-pelatihan dan kegiatan akademik pendukung lainnya.

9. Website : https://pdie.feb.undip.ac.id/
10. Email : admisipdie@live.undip.ac.id
11. Kontak : Jl. Erlangga Tengah 17 Semarang, 50241, Telpon: (024) 8452269
Whatsapp: +62 8562695004