Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP)

Profil & Sejarah

Merupakan fakultas ternama di Universitas Universitas, Jawa Tengah, bahkan di Indonesia.  Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Diponegoro sudah menghasilkan lulusan berkualitas dan mempunyai peran strategis di berbagai sektor, di sektor swasta maupun  pemerintahan.

Pada tahun 2021 FISIP UNDIP meraih peringkat 600+ by Subject – World University Rank. Berdasarkan prestasi tersebut, FISIP UNDIP sudah diakui kuliatasnya di kancah dunia

Selebihnya

Website Resmi

Program Studi S1

1. Akreditasi
(UNGGUL) No.4835/SK.BAN-PT/Ak.KP/S/XI/2023

2. Gelar Lulusan
Sarjana Administrasi Publik (S.A.P.)

3. Ijin Penyelenggaraan
SK Dirjen Dikti No.1116/D/O/2006

4. Materi Yang Dipelajari
Analisis Kebijakan, Komunikasi dan Advokasi Kebijakan, Birokrasi dan Governansi Publik, Jejaring Kebijakan, Pengambilan Keputusan, Governansi Digital, Jaringan Pemerintahan, Manajemen Risiko, Manajemen Pesisir, Manajemen Bencana, dsb.

5. Profil Lulusan
Birokrat, Pegiat Sosial, Analis Kebijakan, Peneliti.

6. Metode Pembelajaran dan Asesmen
Tutorial, Student Center Learning (SCL) Project based Learning (PBL), Studi Kasus, Praktek, UTS, UAS.

7. Struktur dan Persyaratan Program
Jumlah SKS – 145, semester 8-14, mahasiswa harus full time. Merdeka Belajar yang meliputi Magang, StudentExcange, Studi Independen dll di semester 5 dan 6.

8. Dukungan Fasilitas Bagi Mahasiswa
E-Learning (KULON), SSO, smart class, digital labolatory, Office for Student

9. Website : https://admpublik.fisip.undip.ac.id/v1/
10. Instagram : @hmpspublik
11. LINE : @MOE7355Y
12. Email : admpublik@live.undip.ac.id
13. Kontak : (024) 746540

1. Akreditasi
Akreditasi UNGGUL dengan nomor SK 004/DE/A.5.AR.12/VIII/2023

2. Gelar Lulusan
Sarjana Administrasi Bisnis (S.A.B.)

3. Ijin Penyelenggaraan
SK Dirjen Dikti No. 116/D/O/2006

4. Materi Yang Dipelajari
Tata Kelola organisasi bisnis yang baik (good corporate governance) dan berorientasi laba dengan melibatkan kepemimpinan dan aspek-aspek pengelolaan bisnis yang berlandaskan pada prinsip-prinsip organisasi bisnis yang beretika.

5. Profil Lulusan
Entrepreneur, Business operator, dan Instruktur.

6. Metode Pembelajaran dan Asesmen
Tutorial, Student Centre Learning berbasis analisis kasus (case- based learning) dan proyek (project-based learning). Asesmen pembelajaran melalui pemberian tugas (assignment), studi kasus (case study), praktik, UTS dan UAS.

7. Struktur dan Persyaratan Program
Jumlah SKS = 144, semester = 8 s.d 14, mahasiswa harus full time.
Kurikulum menggunakan Kurikulum Kampus Merdeka, Merdeka Belajar.
Minimal pada semester 3 wajib student exchange ke universitas di luar negeri (international exposure).

8. Dukungan Fasilitas Bagi Mahasiswa
International Smart Classroom, KULON (Kuliah OnLine), Single Sign On untuk sistem informasi terintegrasi (Pendidikan, Penelitian, Pengabdian Masyarakat), laboratorium computer dan bisnis, Library, e-learning, pelatihan bahasa asing di pusat bahasa universitas, Pelatihan IT, bimbingan dan konseling, dan sebagainya.

9. Website : https://admbisnis.fisip.undip.ac.id/V1/
10. Instagram : @adbisundip
11. Facebook : adbisundip Administrasi Bisnis UNDIP
12. Email : adbis@live.undip.ac.id
13. Kontak : (024) 7465407

1. Akreditasi
(A) SK BAN PT Nomor : 4839/SK/BAN-PT/Ak.Ppj/S/XI/2023

2. Gelar Lulusan
Sarjana Ilmu Pemerintahan (S.I.P.)

3. Ijin Penyelenggaraan:
Keputusan Mendikbud No. 0551/0/1983

4. Materi Yang Dipelajari :
Dasar-dasar Pemerintahan, Fungsi-fungsi Pemerintahan, Hubungan antara yang Memerintah (pemerintah) dan yang Diperintah dalam Konteks Global, Nasional, Daerah dan Desa. Konsentrasi yang ditawarkan adalah : Tata Kelola Pemerintahan, Kebijakan Publik, Ekonomi Politik.

5. Profil Lulusan :
Birokrat/Aparatur Pemerintah, Analisis Politik dan Pemerintahan, Konsultan Politik, Penggiat/Konsultan Pemberdayaan Masyarakat, Peneliti, Dosen, LSM, dan sebagainya.

6. Metode Pembelajaran dan Asesmen :
Metode pembelajaran yang dilakukan: metode tatap muka, daring, dan hybrid (campuran), dengan lebih banyak metode penyelesaian kasus yang terjadi di masyarakat, Student Center Learning (SCL), dan Asesmen melalui UTS (Ujian Tengah Semester) dan UAS (Ujian Akhir Semester).

7. Struktur dan Persyaratan Program :
Mahasiswa menempuh perkuliahan dengan beban 147 SKS, bisa ditempuh dalam waktu 7 sampai 14 semester. Mahasiswa wajib hadir perkuliahan sebanyak 75% dari 16 kali pertemuan dan wajib menyusun skripsi sebagai syarat kelulusan.

8. Dukungan Fasilitas Bagi Mahasiswa :
Agar mahasiswa memiliki nilai lebih menghadapi dunia kerja, Prodi akan memberikan bantuan bagi mahasiswa yang akan lulus dengan pelatihan- pelatihan: Tes TOEFL, Pelatihan bersertifikat (Pelatihan Public Speaking, Pelatihan Strong Leadership), dan Pelatihan Sertifikasi Kompetensi.

9. Website : pemerintahan@undip.ac.id
10. YouTube : http://youtu.be/YnDlhkZt9bo
http://youtu.be/4Woi3ABCFGB
11. Email : pemerintahan@live.undip.ac.id
12. Kontak : (024) 7465407

1. Akreditasi
Akreditasi Unggul BAN PT : 9867/SK/BAN-PT/Akred-Itnl/S/I/2023
Akreditasi Internasional melalui FIBAA
Period of Accreditation: November 26, 2021 to November 25, 2026

2. Gelar Lulusan
Sarjana Ilmu Komunikasi (S.I.Kom.)

3. Ijin Penyelenggaraan:
SK Dirjen Dikti No. 82/Dikti/Kep/2007

4. Materi Yang Dipelajari :
Pengetahuan konseptual, teoritis, dan metodogis dalam bidang Ilmu Komunkasi, dan keterampilan dalam melalukan penelitian ilmiah Ilmu Komunikasi.
Peminatan jurnalistik: pengetahuan dan keterampilan dalam bidang jurnalistik dalam menghasilkan konten informasi, mulai dari mengumpulkan, menulis, menyunting, dan menampilkan informasi di beragam platform informasi.
Peminatan Komunikasi Strategis: pengetahuan dan keterampilan dalam bidang komunikasi persuasif dalam menyusun perencanaan, eksekusi, monitor, evaluasi, dan pelaporan kegiatan komunikasi yang relevan dalam bidang komunikasi pemasaran (marketing communication), kehumasan (Public Relations), dan periklanan (advertising).

5. Profil Lulusan :
Jurnalis dan Konten Kreator, Profesional Komunikasi Strategis, Peneliti/Analis

6. Metode Pembelajaran dan Asesmen :
Student Center Learning (SCL) dengan menerapkan case- based learning dan project-based learning. Asesmen dengan ujian, praktek, portfolio, dan metoda asesmen lainnya yang relevan.

7. Struktur dan Persyaratan Program :
Lama studi : 8 – 14 semester
Jumlah SKS : 145
Status mahasiswa : penuh waktu (fulltime)

8. Dukungan Fasilitas Bagi Mahasiswa :
Laboratorium multimedia and Newsroom, Perpustakaan dan digital online database, Learning management System (SIAP, Kulon, MS Teams), Smart Class Room (IT – equipped classroom), Bimbingan karir dan persipan dari Undip Carrier Center (UCC), Bimbingan dan konseling.

9. Alamat Website :
Communication Dept. website : https://komunikasi.fisip.undip.ac.id/v1/
IUP Instagram : https://instagram.com/comm.iup?utm_medium=copy_link
Communication Dept Instagram : https://instagram.com/comm_undip?utm_medium=copy_link
Communication Student Union Instagram : https://mobile.twitter.com/hmjcomm_undip?lang=en
Communication Student Union Facebook : https://www.facebook.com/hmjilmukomunikasi.undip

10. Email : komunikasi.fisip@live.undip.ac.id
11. Kontak : (024) 7465408

1. Akreditasi
(B) BAN PT 2871/SK/BAN-PT/Akred/S/X/2018

2. Gelar Lulusan
Sarjana Hubungan Internasional (S.Sos.)

3. Ijin Penyelenggaraan:
Surat Izin Penyelenggaraan Dirjen Dikti Depdiknas RI No.809/E/T/2011

4. Materi Yang Dipelajari :
Pengantar Ilmu Hubungan Internasional, Teori Hubungan Internasional, Diplomasi, Hak Asasi Manusia dalam Hubungan Internasional, Bisnis Internasional, Globalisasi dan Transnasionalisme, Analisa Kebijakan Luar Negeri, Kerjasama Pembangunan Internasional, Kejahatan Internasional di Bidang Maritim, Politik Luar Negeri Amerika Serikat, Politik Luar Negeri Australia, Hukum Diplomatik dan Konsuler, Kejahatan Keuangan Transnasional, Politik Luar Negeri Cina, Kejahatan Cyber, Studi Asia Tenggara, Studi Timur Tengah, Studi Eropa, Politik Ekonomi Jepang.

5. Profil Lulusan :
Diplomat, Akademisi, Jurnalis, Analis Kebijakan, Birokrat, Peneliti, Wirausahawan, Berkarir di IGO (International Governmental Organization) dan INGO (International Non Governmental Organization).

6. Metode Pembelajaran dan Asesmen :
Metode Pembelajaran: Student Center Learning (SCL), Kurikulum Merdeka, Tutorial, Kuliah Lapangan, Project Base Learning, Case Base Learning. Asesmen : Ujian Tengah Semester (UTS), Ujian Akhir Semester (UAS), Diskusi Kelas, Tugas, Makalah, Protofolio, dan sebagainya disesuaikan dengan perkembangan metode asesmen.

7. Struktur dan Persyaratan Program :
145 SKS terdiri dari: Mata kuliah wajib Universitas: 23 SKS, Mata Kuliah Wajib Fakultas: 12 SKS, Mata kuliah Wajib Program Studi: 89 SKS, Mata Kuliah Pilihan: 21 SKS, Waktu tempuh studi 8 sampai dengan 14 semester.

8. Dukungan Fasilitas Bagi Mahasiswa :
(ISC) International Smart Classroom, KULON (Kuliah Online), SIAP (Sistem Informasi Akademik) ILS (Information and Learning Service, IT, Library, Media, E-Learning, Pelatihan Bahasa Asing, Pelatihan IT, Bimbingan dan Konseling, Lapangan dan Fasiltas Olah Raga, Laboratorium Sidang MUN, Laboratorium Kejahatan Transnasional (ToC), Kantin Fakultas, Perpustakaan, Jurnal.

9. Website : http://fisip.undip.ac.id/
10. Instagram : @infoirud
11. Line : @infoirud
12. Email : irud@live.undip.ac.id
13. Kontak : 081216362221

IUP :

S1 ADMINISTRASI PUBLIK
S1 ILMU PEMERINTAHAN
S1 ILMU KOMUNIKASI
S1 ADMINISTRASI BISNIS

1. Tujuan Program Pendidikan
a) Meningkatkan kompetensi dosen dan mahasiswa dalam budaya akademik yang kondusif, kompetitif dan professional.
b) Meningkatkan peran dosen, alumni dan mahasiswa di bidang administrasi publik dalam skala lokal, nasional, dan internasional.
c) Meningkatkan keunggulan lembaga, tata laksana, sumber daya manusia dalam bidang kebijakan dan manajemen publik.
d) Memiliki pemahaman teoretik dan metodologis tentang tiga aktor kunci dalam tata kelola politik dan pemerintahan lokal, nasional dan global yang terdiri dari pemerintah, masyarakat sipil dan pasar. Lebih jauh, program ini bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang cara kerja masing-masing aktor sekaligus pola relasi antar ketiganya demi terwujudnya pemenuhan hak asasi manusia yang merupakan tujuan paripurna dari tata kelola pemerintahan.
e) Menghasilkan lulusan yang memiliki pengetahuan, sikap, dan perilaku bekerja untuk kepentingan umum sesuai dengan kompetensinya, dan kemampuan beradaptasi dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
f) Menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi unggul, berdaya saing global, mampu berkomunikasi efektif dalam menunjang bisnis internasional, serta bekerjasama dengan orang-orang lintas budaya secara global.
g) Menghasilkan lulusan yang mandiri, problem solver, dan beretika.
h) Menghasilkan tata kelola proses belajar mengajar bidang bisnis yang orientatif.
i) Meningkatkan peran civitas akademika dalam menyelesaikan permasalahan.
j) Mengembangkan kegiatan praktikal guna mendorong tata kelolayang baik.
k) Mengembangkan akhlak dan perilaku jujur, transparan, dan adil pada proses belajar mengajar.

2. Materi Yang Dipelajari
Birokrat, Pegiat Sosial, Analis Kebijakan, Peneliti ilmuwan dunia, Pegiat di organisasi masyarakat sipil dunia, Analis Media Sosial, Konsultan Komunikasi Politik, Aktivis Partai Politik maupun Birokrat di lembaga negara.
Perancang dan pelaksana pekerjaan profesional di bidang komunikasi strategis (komunikasi pemasaran bisnis/sosial/ politik, periklanan, Humas) dengan menerapkan kode etik profesi, memiliki kompetensi untuk mengelola proyek komunikasi, Entrepreneur, Business operator, dan Instruktur ilmuwan dunia, pegiat di organisasi masyarakat sipil dunia, analis media sosial, konsultan komunikasi politik, aktivis partai politik maupun birokrat di lembaga negara.

3. Profil Lulusan
IUP S1 Administrasi Publik;
Birokrat, Pegiat Sosial, Analis Kebijakan, Peneliti.
IUP Ilmu Pemerintahan;
Ilmuwan dunia, pegiat di organisasi masyarakat sipil dunia, analis media sosial, konsultan komunikasi politik, aktivis partai politik maupun birokrat di lembaga negara.
IUP Ilmu Komunikasi; Strategic Communication Professional;
Merancang dan mengimplementasikan komunikasi strategi dalam dunia kerja profesional (bisnis; sosial; komunikasi politik; pariwara; hubungan masyarakat, dengan mengedepankan standar etik profesional. Lulusan akan memiliki kopetensi dibidang komunikasi.
IUP Administrasi Bisnis;
Entrepreneur, Business operator, dan Instruktur.

4. Persyaratan
IUP S1 Administrasi Publik; IUP S1 Ilmu Pemerintahan; IUP S1 Ilmu Komunikasi; IUP S1 Administrasi Bisnis :
1. SMA IPA, IPS, Bahasa dan Agama/ Theologi.
2. MA IPA, MA IPS, Bahasa dan Agama.
3. Paket C IPA,IPS dan Bahasa.
4. SMK (Teknologi Informasi dan Komunikasi, Teknik Komputer dan Informatika, Teknik Telekomunikasi).
5. SMK (Bisnis dan Manajemen, Bisnis dan Pemasaran, Manajemen Perkantoran, Akuntansi dan Keuangan).

5. Fasilitas
E-Learning (KULON), SSO, international smart class, digital labolatory, Office for Student, Multimedia laboratory and Newsroom, Library and digital online database, Learning Management System (SIAP, Kulon, MS Teams), Smart Class Room (IT – equipped classroom), Career consultation and preparation from Undip Carrier Center (UCC), Guidance and counseling, pelatihan bahasa asing di pusat bahasa universitas, Pelatihan IT.

6. Mitra Universitas (University Parters)
United Kingdom (York University), Turki (Istanbul Aydin University), Korea Selatan (Gyeongsang National University; Myoengji University; Chung Ang University; Dong ah University; Yongsan University), Taiwan (National Tsing Hua University; Taiwan National United University, Taiwan Asia University), Malaysia (Universiti Malaya; Malaysia Universiti; Malaysia Sabah Universiti; Malaysia Kelantan; Universiti Kebangsaan Malaysia), Vietnam (Foreign Trade University ; Thai Nguyen University), India (Saurashtra University; Great Lakes Institute of Management).

7. IUP S1 Administrasi Publik
Web : https://admpublik.fisip.undip.ac.id/v1/
Email : admpublik@live.undip.ac.id
Kontak : (024) 7465407

8. IUP S1 Ilmu Pemerintahan
Web : pemerintahan@undip.ac.id
Email : pemerintahan@live.undip.ac.id
Kontak : (024) 7465407

9. IUP S1 Ilmu Komunikasi
Web : https://komunikasi.fisip.undip.ac.id/v1/
Email : komunikasi.fisip@live.undip.ac.id
Kontak : (024) 7465408

10. IUP S1 Administrasi Bisnis
Web : https://admbisnis.fisip.undip.ac.id/V1/
Email : adbis@live.undip.ac.id
Kontak : (024) 7465407

Program Studi Pasca Sarjana

1. Akreditasi
Nasional
Peringkat : B
SK Akreditasi : BAN-PT No. 5818/SK/BAN-PT/Ak-PPJ/M/IX/2020

2. Gelar Lulusan
Magister Administrasi Publik (M.A.P.)

3. Ijin Penyelenggaraan
Surat Ijin Dirjen Pendidikan Tinggi no 111/DIKTI/Kep/2007

4. Materi Yang Dipelajari
Teori Organisasi, Teori Administrasi Publik, Administrasi Pembangunan, Manajemen SDM Sektor Publik, Sistem Administrasi NKRI (SANKRI), Kebijakan Publik, Manajemen Publik, Metode Penelitian, Perilaku dan Pengembangan Organisasi Publik Perencanaan Pembangunan dsb.

5. Profil Lulusan
Manajer Publik, Manajemen Pelayanan Publik dan sektor-sektor birokrasi pemerintahan, yaitu sebagai Birokrat ; Staf Ahli Legislatif, dan sejenisnya.
Analis Kebijakan.
Peneliti.
Pendidik.

6. Metode Pembelajaran dan Asesmen
Tutorial, Student Center Learning (SCI).
Asesmen melalui UTS, UAS, portofolio,pembimbingan dan pengajuan tesis, penulisan jurnal Internasional dsb.

7. Struktur dan Persyaratan Program
Jumlah sks = 39, maksimal 8 semester, full time student.

8. Dukungan Fasilitas Bagi Mahasiswa
ILS (Information and Learning Service) : IT, library, media, e-learning, pelatihan bahasa asing di Pusat Bahasa Universitas, Pelatihan IT, bimbingan dan konselling, E-Library, Pelatihan penulisan artikel dan submit Jurnal Internasional, beasiswa, program Sandwich, Joint Research dsb.

9. Website : http://map.fisip.undip.ac.id
10. Email : map.fisip@undip.ac.id
11. Kontak : 081393716747

1. Akreditasi
Nasional
Peringkat : BAIK SEKALI
SK Akreditasi No. 5774/SK/BAN-PT/Ak/M/VIII/2022

2. Gelar Lulusan
Magister Administrasi Bisnis (M.A.B.)

3. Ijin Penyelenggaraan
SK Rektor Universitas Diponegoro
Nomor: 222/UN7.P/HK/2020

4. Materi Yang Dipelajari
Magister Administrasi Bisnis dirancang untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan untuk mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni dalam bidang bisnis serta mampu mengambil keputusan strategis mengenai berbagai fungsi dalam organisasi bisnis, serta menghasilkan produk inovatif. Beberapa domain ketrampilan yang dipelajari adalah domain Ketatapamongan/ Governance; Domain Inisiasi Bisnis Baru/ Start Up Business; dan Domain Pengelola Organisasi/ Manajer.

5. Profil Lulusan
Pemimpin Bisnis, Entrepreneur dan Intrapreneur, Konsultan Analisa Bisnis, Peneliti dan Pengajar.

6. Metode Pembelajaran dan Asesmen
Menggunakan metode hybrid, yaitu Lecturer Centered Learning dan Student Centered Learning (Class Simulation, Project Based Learning, Class Discussion, Innovation Creation, Discovery Based Learning, Self-study, Group Work, Experiental Learning, Problem Based Learning, Kuliah Tamu, dll) dengan skema pendidikan: by course, by research dan by project.

7. Struktur dan Persyaratan Program
STRUKTUR MATA KULIAH :
Program By Course :
Beban sks per semester
Semester 1: 15 sks, Semester 2: 15 sks (termasuk peminatan 1 dan peminatan 2),
Semester 3: 3 sks, Semester 4: 6 sks

Program By Research :
Beban sks per semester
Semester 1: 12 sks, Semester 2: 3 sks, Semester 3: 8 sks, Semester 4: 13 sks.

PERSYARATAN:
Lulusan Sarjana Strata 1, IPK min 2,75 dari perguruan tinggi terakreditasi, Ijazah dan transkrip, Rekomendasi Akademik dari 2 orang (boleh pembimbing S1, D4/ atasan langsung dg kualifikasi min. S2) (format sdh disediakan), Surat Penyataan kesanggupan menyelesaikan studi (format sdh disediakan), Surat keterangan jaminan pembayaran biaya studi (bermaterai 6000) (format sdh disediakan), Surat ijin dari instansi kerja (bagi yang sudah bekerja) (format sdh disediakan), Proyeksi/ Gambaran umum tentang penelitian Tesis yang akan diambil.

8. Dukungan Fasilitas Bagi Mahasiswa
Ruang Kuliah, Perpustakaan, Ruang Negosiasi, Ruang Teater, Laboratorium Komputer, Laboratorium Bisnis dan Kewirausahaan, Laboratorium Video Audio, Laboratorium Riset Marketing, Musholla, Fasilitas Olah Raga.

9. Website : https://admbisnis.fisip.undip.ac.id
10. Email : mabis@live.undip.ac.id
11. Kontak : Telp./Fax (024) 7465407

1. Akreditasi
Nasional
Peringkat : UNGGUL
SK Akreditasi : 4910/SK/BAN-PT/Ak.KP/M/XI/2023

2. Gelar Lulusan
Magister Ilmu Politik (M.Sos.)

3. Ijin Penyelenggaraan
Surat Ijin Dirjen Pendidikan Tinggi No. 4217/D/T/2004

4. Materi Yang Dipelajari
Ilmu Politik, yang terbagi kedalam 3 konsentrasi :
1). Politik Kebijakan Publik
2). Politik Digital
3). Tata Kelola Pemilu

5. Profil Lulusan
Politisi, Birokrat, Kepala Daerah, Peneliti, Aktivis NGO

6. Metode Pembelajaran dan Asesmen
Case Study
Problem Based Learning
Project Based Learning

7. Struktur dan Persyaratan Program
Terakreditasi A
Memiliki Jurnal Terakreditasi Sinta 2

8. Dukungan Fasilitas Bagi Mahasiswa
Perpustakaan, Laboratorium Politik, dan Kelas Hybrid.

9. Website : https://mip.undip.ac.id
10. Email : mip@live.undip.ac.id
11. Kontak : +62 857 4094 7494

1. Akreditasi
Nasional
Peringkat : UNGGUL
SK Akreditasi : 2496/SK/BAN-PT/Ak.KP/M/VI/2023

2. Gelar Lulusan
Magister Ilmu Komunikasi (M.I.Kom.)

3. Ijin Penyelenggaraan
Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Nomor 4685/D/T/2008 Tanggal 31 Desember 20084685/D/T/2008.

4. Materi Yang Dipelajari
Media, Budaya dan Masyarakat
Komunikasi Strategis.

5. Profil Lulusan
Akademisi/ Dosen, Peneliti Media, Peneliti Komunikasi Strategis, Profesional Komunikasi .

6. Metode Pembelajaran dan Asesmen
Metode pembelajaran tatap muka dengan model asesment tertulis dan lisan.

7. Struktur dan Persyaratan Program
Struktur dengan kuliah (by course) : 12 sks, Mata Kuliah teori dan 15 Mata Kuliah riset.

8. Dukungan Fasilitas Bagi Mahasiswa
Ruang kuliah, ruang diskusi, perpustakaan.

9. Website : https://mikom.fisip.undip.ac.id/en/home-mikom/
10. Email : magisterilmukomunikasi@live.undip.ac.id
11. Kontak : 

1. Akreditasi
Nasional
Peringkat : A
Nomor : 4315/SK/BAN-PT/Akred/D/XI/2019

2. Gelar Lulusan
Doktor (Dr.)

3. Ijin Penyelenggaraan
SK Dirjen Dikti No. 163/D/0/2010

4. Materi Yang Dipelajari
Kebijakan Publik, Manajemen Publik.

5. Profil Lulusan
Birokrat, Pegiat Sosial, Administrator atau Manajer Publik, Analis Kebijakan, Formulator Kebijakan, Implementator Kebijakan, Evaluator Kebijakan dan Konsultan Kebijakan.

6. Metode Pembelajaran dan Asesmen
Tutorial, Student Center Learning (SCI). asesmen melalui UTS, UAS, portofolio, pembimbingan dn pengajuan disertasi, penulisan jurnal Nasional dan Internasional terindeks dsb.

7. Struktur dan Persyaratan Program
Jumlah sks= 42

8. Dukungan Fasilitas Bagi Mahasiswa
ILS (Information and Learning Service) : IT, library, media, e-learning, pelatihan bahasa asing di Pusat Bahasa Universitas, Pelatihan IT, bimbingan dan konselling, E-Library, Pelatihan penulisan artikel dan submit Jurnal Internasional , beasiswa, dsb.

9. Website : https://dap.fisip.undip.ac.id
10. Email : prodidap@gmail.com
11. Kontak : (024) 8451567 / 081393716747

1. Akreditasi
Nasional
Peringkat : A
No. SK : 3880/SK/BAN-PT/Akred/D/X/2019

2. Gelar Lulusan
Doktor (Dr.)

3. Ijin Penyelenggaraan
Surat Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
No : 94/E/T/2012 Tanggal 17 Januari 2012.

4. Materi Yang Dipelajari
Prodi DIS memiliki Konsentrasi Kajian Ilmu Politik dan Konsentrasi Kajian Ilmu Administrasi Bisnis.

5. Profil Lulusan
Lulusan yang mampu mengembangkan pengetahuan dan memecahkan permasalahan dalam bidang ilmu sosial melalui riset sosial yang menghasilkan karya kreatif, orisinal dan teruji.

6. Metode Pembelajaran dan Asesmen
Pembelajaran Prodi DIS dilaksanakan melalui metode “by course” (perkuliahan terstruktur) dan “by research” (pemusatan pada disertasi dan jurnal ilmiah); berpedoman pada kurikulum yang telah ditetapkan.

7. Struktur dan Persyaratan Program
Lulusan: Program studi setingkat Magister (S2) dari lembaga yang terakreditasi, dengan IPK minimal 3 (skala 1-4) dibuktikan dengan transkrip akademik yang dilegalisir.
Surat keterangan jaminan pembayaran biaya studi (Pribadi/Instansi/Sponsor) di atas kertas bermaterai.
Menyerahkan proposal riset untuk disertasi minimal 3 halaman, yang mencakup latar belakang, pokok permasalahan, dan metode penelitian.
Dua surat rekomendasi dari dosen kelas/dosen pembimbing (guru besar atau doctor) dari almamater calon mahasiswa atau pihak lain yang mengenal dan dapat memberi surat rekomendasi untuk calon mahasiswa tersebut.
Skor TOEFL minimal 500 dari lembaga resmi yang memiliki ijin.
Menyerahkan rancangan proposal penelitian untuk S3 (https://bit.ly/PROPOSALTEMPLATE).
Surat izin dari lembaga/instansi asal bagi calon mahasiswa yang sudah bekerja.

8. Dukungan Fasilitas Bagi Mahasiswa
Dosen pengampu yang professional.
Sarana dan prasarana yang memadai, representative dan modern.
Referensi buku yang memadai.

9. Website : https://dis.fisip.undip.ac.id/
10. Email : prodi.dis@gmail.com
11. Kontak : Jalan Erlangga Barat VII No. 31 Semarang – 50241
(024) 76440009