Profil & Sejarah
Fakultas Kedokteran, Universitas Diponegoro merupakan salah satu fakultas kedokteran terdepan[1] di Indonesia. Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro didirikan pada 1 Oktober 1961, dan pada tahun 2011 merayakan 50 tahun keemasannya dalam memberikan tri dharma perguruan tinggi di Indonesia. Berafiliasi dengan Rumah Sakit Dr. Kariadi yang menyediakan pendidikan bagi mahasiswa kedokteran, intern/koas, dan residen spesialis. Mengacu pada the THES-QS Top World University Rankings in 2007, untuk kategori Life Science dan Biomedicine, fakultas kedokteran universitas diponegoro berada pada urutan 410.
Berlokasi di jalan Prof Sudarto SH Tembalang, Semarang, kampus FK UNDIP terintegrasi dengan Rumah Sakit Dr. Kariadi dan Rumah Sakit Nasioal Diponegoro
Sejak zaman pendudukan Jepang telah dirintis pendidikan untuk memenuhi kebutuhan dokter pada waktu itu. Sekolah ini kemudian lenyap begitu saja pada waktu pemerintahan Jepang bubar.Pada tahun 1955 Yayasan Djojo-bojo (yang anggotanya antara lain dr. Boentaran dan dr. Atmadi Wreksoatmodjo) bercita-cita mendirikan Fakultas Kedokteran. Usaha ini belum berhasil karena kurang koordinasi antara Kepala Inspeksi Kesehatan dengan pimpinan Rumah Sakit dan Kepala Kesehatan Kota akibat suasana kepartaian politik dan golongan pada waktu itu. Padahal di kota Semarang telah ada sebuah Rumah Sakit Umum Pusat Semarang, yang cukup representatif menjadi satu rumah sakit pendidikan bagi sebuah Fakultas Kedokteran.
Pada tahun 1958, dr. Heyder bin Heyder dan dr. Soerarjo Darsono menghadap Presiden Universitas Diponegoro (waktu itu Soedarto, SH) dan mengungkapkan gagasan untuk mendirikan Fakultas Kedokteran, mengingat mahasiswa kedokteran Universitas Gadjah Mada banyak yang menjalani kepaniteraan di Semarang.
Yayasan Universitas Diponegoro berdiri tahun 1959 memiliki Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan serta Fakultas Teknik. Kenyataan ini mendorong hasrat untuk mendirikan Fakultas Kedokteran. Dalam rapat gabungan Yayasan Universitas Semarang/Diponegoro dengan Pengurus Senat Universitas Diponegoro pada tanggal 10 Juni 1960, atas dorongan dr. R. Atmadi Wreksoatmodjo, diputuskan untuk mendirikan Fakultas Kedokter-an. Dibentuk Panitia Pendirian Fakultas Kedokteran yang diketuai oleh Suyono Atmo, dengan sekretaris Sri Widojati Notoprodjo, SH. Selain itu dibentuk pula Panitia Teknis yang diketuai Kolonel dr. R. Soehardi, sekretaris dr. Heyder bin Heyder, dengan anggota terdiri atas dr. R. Kolonel, dr. A. Soerojo, dr. R. Marsaid S. Sastrodihardjo, dr. Tjiam Tjwan Hok dan dr. R. Soedjati.
Selebihnya
Website ResmiProgram Studi S1
1. Akreditasi
S1-KEDOKTERAN
(Unggul) SK NOMOR 0744/LAM-PTKES/Akr/Sar/IX/2022
PROFESI-DOKTER
(Unggul) SK NOMOR 0745/LAM-PTKES/Akr/Pro/IX/2022
2. Gelar Lulusan
Tahap Sarjana : Sarjana Kedokteran (S.Ked.)
Tahap Profesi : Dokter (dr.)
3. Ijin Penyelenggaraan
295/E/O/2013, tanggal 23 Juli 2013
4. Materi Yang Dipelajari
Komposisi mata kuliah terdiri dari : Mata Kuliah Wajib Nasional (MKWN), Mata Kuliah Wajib Universitas (MKWU), Mata Kuliah Wajib Program Studi (MKPS) dan Mata Kuliah Pilihan (MKP)
Isi kurikulum sesuai prinsip-prinsip metode ilmiah, meliputi ilmu biomedik, ilmu kedokteran klinik, ilmu humaniora, ilmu kedokteran komunitas, dan ilmu kedokteran keluarga yang diatur secara terintegrasi dalam mata kuliah-mata kuliah dengan model Modul.
5. Profil Lulusan
Setiap lulusan Undip termasuk lulusan PSKed FK Undip harus memiliki karakteristik profil lulusan yang dikenal dengan istilah ‘COMPLETE’ (Communicator, Professional, Leadership).
6. Metode Pembelajaran dan Asesmen
Tahap S1: Tutorial, Kuliah Student Center Learning (SCL), Praktikum. Asesmen melalui UTS, UAS, Ujian Paruh 1, Ujian Paruh 2, Ujian Akhir Modul, Ujian Remidi, Ujian Praktikum, dan OSCE.
Tahap Profesi: magang di RS / wahana pendidikan lain seperti klinik dan puskesmas, diskusi kasus, seminar/presentasi laporan, bedside teaching, journal reading, praktikum di skill lab. Asesmennya dilakukan melalui ujian pre dan post test, ujian OSCE Bagian, ujian portofolio, miniCEX, DOPS, ujian lisan, ujian tertulis (essay), jourmal reading/ critical appraisal, progress test (CBT dan OSCE).
7. Struktur dan Persyaratan Program
Tahap Sarjana : 152 SKS
Tahap Profesi : 46 SKS
8. Dukungan Fasilitas Bagi Mahasiswa
Teknologi Informasi, Perpustakaan, Lab Komputer, Lab Medik Dasar , Lab Ketrampilan Klinik, Lab Hewan Coba, Lab Penelitian, Badan Konseling Mahasiswa, Rumah Sakit Pendidikan Utama (RSUP dr. Kariadi) dan Rumah Sakit Lahan serta Wahana Jejaring (RSUD/Puskesmas/Klinik Pratama), Pertukaran Pelajar dengan Fakultas Kedokteran di Luar Negeri (Belanda, Jepang, Perancis). Dukungan lain adalah fasililtas olahraga dan fasilitas kesehatan (klinik pratama dan RSND).
9. Website : https://psked.fk.undip.ac.id/
10. Email : pspd@fk.undip.ac.id
11. Kontak : (024) 7692801Unguul
1. Akreditasi
(A)
SK NOMOR. 0489/LAMPTKes/Akr/Sar/XI/2020
2. Gelar Lulusan
Sarjana Gizi (S.Gz.)
3. Ijin Penyelenggaraan
Surat Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi
No. 1870/D/T/2002 Tanggal 3 September 2002
4. Materi Yang Dipelajari
Mempelajari Ilmu Gizi Dasar, Kimia Dasar, Ilmu Bahan Pangan, Anatomi Fisiologi, Sosioantropologi Gizi, Filsafat Ilmu dan Bioetika Profesi, Kimia Pangan, Biologi Dasar, Patogenesis Penyakit, Penilaian Status Gizi, Praktikum Penilaian Status Gizi, Penilaian Asupan Gizi, Praktikum Penilaian Asupan Gizi, Metabolisme Zat Gizi Makro dan Mikro, Psikologi, Ilmu Kesehatan Masyarakat, Ilmu Teknologi Pangan, Gizi Daur Kehidupan, Proses Asuhan Gizi Terstandar, Mutu dan Keamanan Pangan, Dietetik, Kuliner Dietetik, Manajemen Penyelenggaraan Makanan, Gizi Enteral dan Parenteral, Metodologi Penelitian, Perencanaan Program Gizi, Wirausaha Makanan Sehat Nutrigenomik dan Aplikasi Teknik Molekuler, Pangan Fungsional, Ekonomi dan Ketahanan Pangan, Pemberdayaan Gizi dan Kesehatan Keluarga.
5. Profil Lulusan
COMPLETE (Communicator, Professional, Leader, Entrepreneur, Thinker, Educator), Pengambil keputusan pelayanan gizi, Manajer dan care provider pelayanan gizi, Supervisor pelayanan Gizi, Supervisor pendidikan dan pelatihan gizi, Inspirator gizi di masyarakat (Community Leader), Pelaksana penelitian ilmiah.
6. Metode Pembelajaran dan Asesmen
Tutorial, Praktikum, Student Centre Learning (SCL), Problem Base Learning (PBL), Pre-internship, asesmen melalui Ujian Tengah Semester, Ujian Akhir Semester, Portofolio dan Tugas Akhir/ Skripsi.
7. Struktur dan Persyaratan Program
Jumlah SKS = 149, ditempuh dalam 8 semester maksimal 14 semester, mahasiswa harus full-time, Kurikulum berbasis MBKM.
8. Dukungan Fasilitas Bagi Mahasiswa
Penggunaan menggunakan fasilitas Kuliah Online (KULON) dan MS teams, Ruang kuliah dilengkapi multimedia dan IT, Laboraturium Penentuan Status Gizi (PSG), Laboraturium Mikrobiologi, Laboraturium Kimia, Laboraturium Teknologi Pangan, Laboraturium Kuliner Dan Dietetik, Laboratorium Konseling Gizi, Laboratorium sport and fitness, Laboratorium Hewan coba dan Instrumentasi, wahana praktek di Rumah Sakit, Puskesmas, dan Institusi kesehatan, serta industri lainnya.
9. Website : https://gizi.fk.undip.ac.id/
10. Email : gizi@fk.undip.ac.id
11. Kontak : (024) 7640 2881
1. Akreditasi
S1 KEPERAWATAN
(UNGGUL) SK NO. 0361/LAMPTKES/Akr/Sar/IX/2021
PROFESI NERS
(UNGGUL) SK NO 0362/LAMPTKES/Akr/Pro/IX/2021
2. Gelar Lulusan
Tahap Sarjana : Sarjana Keperawatan (S.Kep)
Tahap Profesi : Ners (Ns)
3. Ijin Penyelenggaraan
SK Dirjen Dikti No. 427/Dikti/Kep/1999
4. Materi Yang Dipelajari
Ilmu dasar keperawatan dan konsep dasar keperawatan. Keperawatan Klinis di berbagai bidang seperti keperawatan Anak, keperawatan Maternitas, keperawatan Dewasa, keperawatan Gerontik, keperawatan Komunitas dan keperawatan Keluarga, keperawatan Jiwa serta Manajemen dan Kepemimpinan dalam Keperawatan.
5. Profil Lulusan
Professional Care Provider, Community Leader, Educator, Manager, Researcher.
6. Metode Pembelajaran dan Asesmen
Student Center Learning (SCL), asesmen melalui UTS, UAS, portofolio, praktik klinik di pelbagai wahana praktik seperti di RS, puskesmas, rumah perawatan luka, desa binaan, dll.
7. Struktur dan Persyaratan Program
TAHAP S1: Jumlah SKS = 145, semester = 8-14, mahasiswa harus fulltime, Kurikulum berbasis MBKM
TAHAP Ners : SKS = 36, ditempuh dalam 1 tahun
8. Dukungan Fasilitas Bagi Mahasiswa
Pembelajaran menggunakan KULON 2 dan ms teams, Laboratorium memadai, praktik di RS Bereputasi, prestasi dan pengalaman organisasi mhs memadai, dukungan penuh untuk partisipasi aktif pada kegiatan/program kampus merdeka, merdeka belajar.
9. Website : https://ners.fk.undip.ac.id/
10. Email : keperawatan@fk.undip.ac.id
11. Kontak : (024) 764 80919
1. Akreditasi
(B)
SK No. 0670/LAM-PTKes/Akr/Sar/XII/2021
2. Gelar Lulusan
Sarjana Farmasi (S.Farm.)
3. Ijin Penyelenggaraan
SK Rektor Undip No. 500/UN7.P/HK/2016 Tanggal 16 Mei 2016
4. Materi Yang Dipelajari
Pengetahuan Kefarmasian meliputi ilmu tentang merancang dan membuat, mekanisme aksi, penghantaran, disposisi, dan penggunaan obat. Mencakup, Farmasetika, Farmakognosi dan Farmakologi yang terdiri dari Farmakodinamika, Farmakokinetika, Toksikologi, serta Kimia Farmasi.
5. Profil Lulusan :
Care-giver, Decision maker, Communicator, Manager, Leader, Life-long learner, Teacher, Researcher, Entrepreneur.
6. Metode Pembelajaran dan Asesmen
Tutorial, Praktikum, Student Centre Learning (SCL), Problem Base Learning (PBL), Pre-internship, asesmen melalui Ujian Tengah Semester, Ujian Akhir Semester, Portofolio dan Tugas Akhir/Skripsi.
7. Struktur dan Persyaratan Program
Jumlah SKS = 144, Semester = 8 s.d. 14, mahasiswa harus full-time, Kurikulum berbasis MBKM.
8. Dukungan Fasilitas Bagi Mahasiswa
Penggunaan menggunakan fasilitas Kuliah Online (KULON) dan MS teams, Ruang kuliah dilengkapi multimedia dan IT, Laboratorium Kimia Farmasi, Farmokologi, Farmakognosi, Mikrobiologi, Teknologi Farmasi, Hewan coba dan Instrumentasi, wahana praktek di industri, rumah sakit dan institusi farmasi lainnya.
9. Website : https://farmasi.fk.undip.ac.id/
10. Email : prodifarmasi@fk.undip.ac.id
11. Kontak : (024) 76928010
1. Akreditasi
S1-KEDOKTERAN GIGI
(BAIK SEKALI) 005/LAM-PTKes/Akr/Sar/I/2024
PROFESI-DOKTER GIGI
(C) 0663/LAM-PTKes/Akr/Pro/XII/2021
2. Gelar Lulusan
Tahap Sarjana : Sarjana Kedokteran (S.K.G.)
Tahap Profesi : Dokter Gigi (drg.)
3. Ijin Penyelenggaraan:
SK Rektor No. 449/UN.P/HK/2016
4. Materi Yang Dipelajari :
Ilmu Kedokteran Gigi.
5. Profil Lulusan :
Dokter Gigi yang dapat berkarya sebagai PNS/ TNI atau Mandiri.
6. Metode Pembelajaran dan Asesmen :
Tutorial, Student Center Learning (SCL), Asesmen melalui UTS, UAS, Ujian Paruh 1, Ujian Paruh 2, Ujian Akhir Modul, Ujian Remidi, Ujian Praktikum, dan OSCE.
7. Struktur dan Persyaratan Program :
Tahap Sarjana : 145 SKS
Tahap Profesi : 30 SKS
8. Dukungan Fasilitas Bagi Mahasiswa :
IT, Perpustakaan, Lab Komputer, Lab Medik Dasar, Lab Ketrampilan Klinik, Lab Hewan Coba, Konseling Mahasiswa, Rumah Sakit Pendidikan Utama (RSUP dr. Kariadi) dan Rumah Sakit Lahan Jejaring, Pertukaran Pelajar dengan Fakultas Kedokteran di Luar Negeri (Belanda, Jepang, Perancis).
9. Website : https://pskg.fk.undip.ac.id/
10. Email : prodi-gigi@fk.undip.ac.id
11. Kontak : (024) 7692801
Program Studi Pasca Sarjana
1. Akreditasi
Nasional
Peringkat : A
SK Akreditasi Nomor : 0165/LAM-PTKes/Akr/Mag/IV/ 2019
2. Gelar Lulusan
Magister Ilmu Biomedis (M.Biomed.)
3. Ijin Penyelenggaraan
Keputusan Dirjen Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 469/DIKTI/Kep/1996.
4. Materi Yang Dipelajari
Biologi Sel dan Biologi Molekuler, Genetika Medik, Patobiologi Umum, Imunologi Dasar, Agent Penyebab Infeksi, Dasar-dasar Herbal Medik, Filsafat Ilmu dan Etika Riset Biomedik, Metodologi Penelitian dan Evidence Based Medicine (EBM), Biostatistik, Teknik Penulisan Tesis dan Publikasi Ilmiah, Mata Kuliah Konsentrasi Patobiologi, Mata Kuliah Konsentrasi Imunologi dan Penyakit Tropis, Mata Kuliah Konsentrasi Konseling Genetika, Mata Kuliah Konsentrasi Klinik Bedah (Khusus untuk PPDS Ilmu Bedah FK UNDIP.
5. Profil Lulusan :
Communicator, Professional, Leader, Enterpreuner, Thinker, Educator
6. Metode Pembelajaran dan Asesmen
By Course dan By Research.
7. Dukungan Fasilitas Bagi Mahasiswa
Ruang kuliah, ruang baca, e-library, laboratorium, internet, sarana ibadah dan olahraga.
9. Website : http://mbiomedik.fk.undip.ac.id/
10. Email : pasca.biomedik@gmail.com
11. Kontak : Telp/Faks. (024) 8318350
1. Akreditasi
Nasional
Peringkat : UNGGUL
0909/LAM-PTKES/Akr/Mag/XII/2023
2. Gelar Lulusan
Magister Gizi (M.Gz.)
3. Ijin Penyelenggaraan
Nomor SK Pendirian Program Studi : 85/dikti/Kep/2001
Tanggal SK Pendirian Program Studi : 03 April 2001
SK Ijin Operasional : DIRJEN DIKTI no. 3747/D/T/K-N/2010
Tanggal SK Ijin Operasional : 06 September 2010
4. Materi Yang Dipelajari
Mata Kuliah Wajib Program Studi (Filsafat Ilmu dan Bio Etika, Metodologi Penelitian, Pengembangan Proposal, Ilmu Gizi Lanjut, Metabolisme Zat Gizi Makro dan Mikro, Penilaian Status Gizi (P), Epidemiologi Gizi, Gizi Molekuler, Promosi Gizi); Mata Kuliah Wajib Konsentrasi Gizi Masyarakat (Masalah Gizi Masyarakat, Ekonomi dan kebijakan pangan, Perencanaan Program Gizi Lanjut (P)); Mata Kuliah Wajib Konsentrasi Gizi Klinik (Patogenesis Penyakit Gizi, Asuhan Gizi pada Pasien Dewasa dan Geriatri, Asuhan Gizi pada Pasien Anak); Tugas Akhir dan Publikasi (Seminar Proposal thesis, Penulisan tesis, Seminar hasil Penelitian, Publikasi); Mata Kuliah Pilihan (Mikrobiota Saluran Cerna, Gizi pada pasien berkebutuhan khusus, Gizi Tumbuh Kembang, Pengembangan produk pangan intervensi gizi, Gizi Bencana, Gizi Olah Raga, Analisis dan Aplikasi Molekuler (P), Gizi Aging, Pangan Fungsional dan Nutrasetikal (P), Keamanan Pangan, Eco-marine Nutrition, International Research Course.
5. Profil Lulusan
Educator, Manager, Reseacher.
6. Metode Pembelajaran dan Asesmen
Ceramah, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Collaborative learning, Small group discussion, Cooperative learning.
7. Dukungan Fasilitas Bagi Mahasiswa
Ruang Kelas, Laboratorium Kimia, Laboratorium Mikrobiologi, Laboratorium Kuliner, Laboratorium PSG, Laboratorium Ilmu dan Teknologi Pangan (ITP), Lab Hewan Coba.
8. Website : http://s2gizi.fk.undip.ac.id/
9. Email : s2giziundip@gmail.com/
10. Kontak : TELP.(024) 76402881, FAX (024) 76402881
1. Akreditasi
Nasional
Peringkat : A
SK Akreditasi : 0525/LAM-PTKes/Akr/Mag/XII/2020
2. Gelar Lulusan
Magister Keperawatan (M.Kep.)
3. Ijin Penyelenggaraan
SK Mendikbud No.103/E/O/2013 Tanggal 12 April 2013
4. Materi Yang Dipelajari
Filsafat dan Teori Keperawatan; Etik dan Hukum Kesehatan; Riset Keperawatan : Kepemimpinan dan Manajemen dalam Pelayanan Kesehatan; Evidence Based Practice; Keperawatan Holistik; Konsep lanjut Kepemimpinan dan Manajemen Keperawatan/ Konsep lanjutan Keperawatan Medikal Bedah/ Konsep Lanjut Keperawatan Kritis/ Konsep Lanjut Keperawatan Maternitas/ Konsep Lanjut Keperawatan Jiwa/ Konsep Lanjut Keperawatan Komunitas; Pengembangan Proposal; Publikasi Ilmiah; Seminar Hasil; Tesis
5. Profil Lulusan
Communicator, Manager, Professional, Leader, Enterpreuner, Thinker, Educator.
6. Metode Pembelajaran dan Asesmen
Metode Pembelajaran : kuliah, study kasus, seminar, praktikum, study lapangan, analisa jurnal, diskusi kelompok, project, dan penyusunan rancangan penelitian. Asesmen : Case study, Ujian Tulis, Presentasi, ujian lisan, project.
7. Struktur dan Persyaratan Program
Struktur Program : Lama studi 4 sks dengan beban sks keseluruhan 41 sks, studi dapat diselesaikan dalam 3 semester. Sebaran MK pada semester 1, MK dasar magister keperawatan 14 sks; Semester 2, MK konsentrasi 12 sks; semester 3, studi lapangan dan proposal tesis 7 sks; semester 4, Tesis dan publikasi ilmiah 8 sks.
Persyaratan : TOEFL 500; publikasi artikel pada jurnal nasional minimal SINTA 4.
8. Dukungan Fasilitas Bagi Mahasiswa
Laboratorium keperawatan sesuai konsentrasi, Wahana pendidikan baik RS maupun komunitas, Perpustakaan, E journal, ruang kerja mahasiswa.
9. Persyaratan Pendidikan Sebelumnya
Lulus Ners dengan Pendidikan sebelumnya Sarjana Keperawatan (tidak termasuk D4 Keperawatan).
10. Website : http://mkep.fk.undip.ac.id/
11. Email : mkep@fk.undip.ac.id
12. Kontak : Telp :024 76480919,
Endang Minarti: 081390949276
1. Akreditasi
Nasional
Peringkat : Unggul
SK Akreditasi : 0362/LAM-PTKes/Akr/Pro/IX/2021
2. Gelar Lulusan
Ners (Ners.)
3. Ijin Penyelenggaraan
Keputusan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan No. 427/DIKTI/Kep/1999.
4. Materi Yang Dipelajari
Keterampilan Dasar Profesi , Keperawatan Medikal Bedah, Keperawatan Anak, Keperawatan Maternitas, Keperawatan Jiwa, Keperawatan Gawat Darurat dan Kritis, Keperawatan Gerontik, Keperawatan Keluarga, Keperawatan Komunitas, Manajemen Keperawatan, Peminatan.
5. Profil Lulusan
Communicator, Manager, Professional, Leader, Enterpreuner, Thinker, Educator.
6. Metode Pembelajaran dan Asesmen
Metode Pembelajaran: experiental, pemecahan masalah, konferensi, observasi, self directed learning, preceptorship, demonstrasi, bedside teaching.
Asesmen : Oral examination, Objective Structure Clinical Evaluation, Objective Structured Long Examination Report, Mini Clinical Evaluation Exercise, Directly Observed Procedural Skill, Case based Discussion, Multi Source Feedback, Portfolio, Tes tertulis, Presentation, Report, Artikel Review, Students Oral Case Analysis.
7. Struktur dan Persyaratan Program
Struktur Program : Lama studi 2 semester dengan beban keseluruhan 38 sks.
Sebaran MK pada semester 1, sebanyak 20 sks terdiri dari MK Keterampilan Dasar Keperawatan dan MK; Semester 2, sebanyak 18 sks terdiri dari MK peminatan dan MK lain.
Persyaratan : Dinyatakan kompeten pada Uji Kompetensi Ners Indonesia (UKNI).
8. Dukungan Fasilitas Bagi Mahasiswa
Laboratorium keperawatan, Wahana pendidikan baik RS maupun komunitas, Perpustakaan, E journal, ruang diskusi mahasiswa, fasilitas ekstrakurikuler.
9. Persyaratan Pendidikan Sebelumnya
Lulus Sarjana Keperawatan Dept Ilmu Keperawatan FK UNDIP.
10. Website : http://ners.fk.undip.ac.id/
11. Email : ners@fk.undip.ac.id
12. Kontak : Telp :024 76480919,
Titien Supriyanti : 08122882843
1. Akreditasi
Nasional
Peringkat : A
SK Akreditasi : 0638/LAMP- PTKes/Akr/Dok/XII/2021
2. Gelar Lulusan
Doktor (Dr.)
3. Ijin Penyelenggaraan
Keputusan Dirjen Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia
Nomor : 111/DIKTI/Kep/2007
4. Materi Yang Dipelajari
Filsafat ilmu, Pengembangan proposal, Metodologi penelitian dan statistik, Kuliah elektif sesuai dengan topik disertasi, Ujian tahapan (kualifikasi, proposal, hasil, kelayakan dan tertutup).
5. Profil Lulusan
Communicator, Professional, Leader, Enterpreuner, Thinker, Educator.
6. Metode Pembelajaran dan Asesmen
By Course dan By Research
7. Struktur dan Persyaratan Program
Lulusan : Bidang kedokteran/ kesehatan.
Spesialis satu (SP.1) dalam ilmu kedokteran dgn IPK 3,0.
S2 ilmu-ilmu yang terkait dengan bidang kedokteran/ kesehatan dengan IP 3,0 melalui suatu mekanisme kuliah alih kredit.
TOEFL >500 (dapat dicapai selama pendidikan).
8. Dukungan Fasilitas Bagi Mahasiswa
Ruang kuliah, Ruang baca, E-library, Laboratorium, Internet, Sarana ibadah dan olahraga.
9. Website : https://dikk.fk.undip.ac.id/
10. Email : dikk@fk.undip.ac.id
11. Kontak : Telp : (024) 76928010
Faks. (024)76928011
Program Pendidikan Dokter Spesialis
1. Akreditasi
Nasional
Peringkat : Unggul
SK LAM-PT Kes No. 0694/LAM-PTKES/Akr/Spe/VIII/2022
2. Gelar Lulusan
Spesialis Anak (Sp.A.)
3. Ijin Penyelenggaraan
15 Oktober 1980
4. Materi Yang Dipelajari
Kompetensi umum area kompetensinya meliputi Knowledge and Understanding Skills, Values and Attitudes; Teaching and Research, Leadership and Management; Personal Commitment to Professional Standars; Communication skills in pediatrics. Kompetensi klinis umum (perkembangan emosi, perkembangan sosial, dan perkembangan pendidikan).
Kompetensi klinis khusus Materi Dasar Umum (MDU), terdiri dari filsafat, porsmars; Materi Dasar Khusus (MDK) ; Materi Keahlian Umum (MKU) ; Materi Keahlian Khusus (MKK) : Alergi imunologi; Endokrinologi; Gastroenterohepatologi; Gizi metabolic : Hematologi; Kardiologi; Nefrologi; Neurologi; Pediatrik Gawat Darurat (ERIA); Penyakit infeksi tropis; Neonatologi; Respirologi; Tumbuh kembang pediatri social; Materi Penerapan Akademik; Materi Penerapan Akademik (MPA) 1 (SP, Prop, Tesis); Materi Penerapan Akademik (MPA) 2 (JR,SK,SKL,dll); Materi Penerapan Keprofesian (MPK) Ketrampilan prosedur pediatric spesialistik (Pediatric Spesialistic Procedures)
Kemampuan pendekatan pediatric social (Social Pediatric Approach).
5. Profil Lulusan
Dokter Spesialis Anak (Sp.A).
6. Metode Pembelajaran dan Asesmen
By class dan by research
7. Struktur dan Persyaratan Program
Program Studi Anak berada di bawah garis perintah Departemen Kedokteran Spesialis.
8. Dukungan Fasilitas Bagi Mahasiswa
Ruang kuliah, Ruang baca, E-library, Laboratorium (poliklinik dan kamar operasi), Lab. Skill, Internet, Sarana ibadah.
9. Website : www.kesehatananak.fk.undip.ac.id
10. Email : prodi-ika@fk.undip.ac.id
11. Kontak : (024) 8414296
1. Akreditasi
Nasional
Peringkat : Unggul
SK LAM-PTKes No.0029/LAM-PTKes/Akr/Spe/I/2023
2. Gelar Lulusan
Spesialis Anestesiologi (Sp.An.)
3. Ijin Penyelenggaraan
Keputusan Kemendibud RI No.076/U/1980 Tahun 1980, dan Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi No. 111/DIKTI/Kep/2007 Tahun 2007.
4. Materi Yang Dipelajari
Filsafat Ilmu, Etika Hukum Kedokteran dan Hubungan Antar Manusia, Farmakologi Klinik, Metode Belajar Mengajar, Anestesi I, Anestesi II; Fisiologi dan Farmakologi pada Anestesi dan Terapi Intensif, Dasar Anestesi Gawat Darurat, Ketrampilan Klinik Anestesiologi dan Terapi Intensif I, Ketrampilan Klinik Anestesiologi dan Terapi Intensif II; Epidemiologi Klinik, Manajemen Nyeri dan Paliatif, Seminar Anestesiologi dan Terapi Intensif I, Emergency Medicine I, Emergency Medicine II; Metodologi Penelitian dan Statistik, Intensive Care I, Kegawatdaruratan Anestesiologi dan Terapi Intensif I, Kegawatdaruratan Anestesiologi dan Terapi Intensif II; Anestesi III, Anestesi IV, Anestesi V, Intensive Care II, Pembelajaran Anestesiologi Klinik, Ketrampilan Klinik Anestesiologi dan Terapi Intensif III; Ketrampilan Klinik Anestesiologi dan Terapi Intensif IV, Ketrampilan Klinik Anestesiologi dan Terapi Intensif V, Seminar Anestesiologi dan Terapi Intensif II, Kegawatdaruratan Anestesiologi dan Terapi Intensif III, Kegawatdaruratan Anestesiologi dan Terapi Intensif IV, Emergency Medicine III; Anestesi VI, Anestesi VII, Intensive Care III, Ketrampilan Klinik Anestesiologi dan Terapi Intensif VI, Ketrampilan Klinik Anestesiologi dan Terapi Intensif VII; Kegawatdaruratan Anestesiologi dan Terapi Intensif V, Kegawatdaruratan Anestesiologi dan Terapi Intensif VI, Seminar Anestesiologi dan Terapi Intensif III, Manajemen Klinik, Penelitian.
5. Profil Lulusan
Communicator, Professional, Leader, Enterpreuner, Thinker, Educator.
6. Metode Pembelajaran dan Asesmen
Program Studi Anestesiologi & Terapi Intensif ini ditempuh dalam kurun waktu 8 Semester dengan beban studi sejumlah 123 sks. Pembelajaran dilaksanakan secara mandiri dan secara magang.
Asesmen meliputi Pengetahuan dan Keterampilan.
7. Struktur dan Persyaratan Program
Prodi Anestesiologi & Terapi Intensif berada di bawah garis perintah Departemen Pendidikan Kedokteran Spesialis.
8. Dukungan Fasilitas Bagi Mahasiswa
Ruang kuliah, Ruang baca, E-library, Laboratorium (poliklinik dan kamar operasi), Lab. Skill, Internet, Sarana ibadah.
9. Website : https://anestesi.fk.undip.ac.id/
10. Email : anestesiologi@fk.undip.ac.id
11. Kontak : (024) 8444346
1. Akreditasi
Nasional
Peringkat : UNGGUL
SK LAM-PTKes No. 0564/LAM-PTKes/Akr/Spe/VII/2022
2. Gelar Lulusan
Spesialis Bedah (Sp.B.)
3. Ijin Penyelenggaraan
SK Rektor Universitas Diponegoro No.144 /SK/PT09/1980
4. Materi Yang Dipelajari
Bedah Dasar, Bedah Lanjut I dan Bedah lanjut II.
5. Profil Lulusan
Communicator, Professional, Leader, Enterpreuner, Thinker, Educator.
6. Metode Pembelajaran dan Asesmen
Metode Pembelajaran :
Perkuliahan
Penelitian
Bed Side Teaching
Kursus dan Workshop KIBI
Diskusi Kasus
Metode Asesment :
Evaluasi dan Ujian Lokal
Ujian Nasional
7. Struktur dan Persyaratan Program
Program Studi Dokter Spesialis Bedah berada di bawah Departemen Kedokteran Spesialis.
8. Dukungan Fasilitas Bagi Mahasiswa
Ruang kuliah, Ruang baca, E-library, Laboratorium, Internet, Sarana ibadah dan olahraga.
9. Website : http://bedah.fk.undip.ac.id/
10. Email : kpsbedah.undip@gmail.com
11. Kontak : Telp : (024) 76928010 / Faks : (024)76928011
1. Akreditasi
Nasional
Peringkat : UNGGUL
SK LAMPT-Kes No: 0525/LAMPT-Kes/Akr/Spe/VII/2023
2. Gelar Lulusan
Spesialis Bedah Saraf (Sp.B.S.)
3. Ijin Penyelenggaraan
SK Kementerian Riset, Tekologi dan Pendidikan Tinggi No: 144/KPT/I/2015.
4. Materi Yang Dipelajari
Program studi spesialis Bedah Saraf dilaksanakan selama 11 semester dan dibagi dalam tiga tahap Pendidikan, yang secara umum berisikan tahap orientasi dan pembekalan, building learning commitment, profil RSDK dan untuk program pendidikan akademik peserta didik akan mengikuti pendidikan bedah saraf dasar dan pendidikan bedah dasar. Untuk program profesi, peserta didik akan diberikan tanggung jawab tahapan pengayaan pada kasus. Peserta didik akan mengikuti program bedah saraf dasar, bila diperlukan masih harus mengikuti program bedah dasar. Dalam tahap ini peserta didik sudah boleh diberi kewenangan melakukan tindakan bedah saraf sebagai bagian dari program profesi bedah saraf. Peserta didik bertanggung jawab terhadap tuntunan. Untuk program profesi, peserta didik akan diberikan tanggung jawab tahapan magang pada kasus. Dalam tahap ini merupakan tahap mandiri , dimana peserta didik bertanggung jawab terhadap tuntutan hukum. Untuk program profesi, peserta didik akan diberi tanggung jawab tahapan mandiri pada kasus.
5. Profil Lulusan
Communicator, Professional, Leader, Enterpreuner, Thinker, Educator.
6. Metode Pembelajaran dan Asesmen
By course dan by research.
7. Struktur dan Persyaratan Program
Program studi Dokter Spesialis Bedah Saraf berada di bawah Departemen Kedokteran Spesialis.
8. Dukungan Fasilitas Bagi Mahasiswa
Ruang kuliah, Ruang baca, E-library, Laboratorium, Internet, Sarana ibadah dan olahraga.
9. Website : http://www.neurosurgery.fk.undip.ac.id/
10. Email : neurosurgery_smg@fk.undip.ac.id
11. Kontak : (024) 8452422
1. Akreditasi
Nasional
Peringkat : UNGGUL
SK LAM PT-Kes No.0472/LAMP- PTKes/Akr/Spe/VII/2023
2. Gelar Lulusan
Spesialis Dermatologi dan Venereologi (Sp.D.V.)
3. Ijin Penyelenggaraan
Keputusan Dirjen Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor : 111/DIKTI/Kep/2007
4. Materi Yang Dipelajari
Dermatologi Dasar, Sub Divisi terkait keilmuan Dermatologi dan Venereologi, Pengembangan Proposal, Seminar Hasil dan Penelitian, Modul, Ujian Akhir (komprehensif teori, komprehensif kasus dan tesis).
5. Profil Lulusan
Communicator, Professional, Leader, Enterpreuner, Thinker, Educator.
6. Metode Pembelajaran dan Asesmen
By Course dan By Research
7. Struktur dan Persyaratan Program
Lulusan sebagai dokter dan terakreditasi minimal B
IPK Profesi yang dicapai pada saat lulus minimal 3,0
TOEFL >450 (dapat dicapai selama pendidikan)
8. Dukungan Fasilitas Bagi Mahasiswa
Ruang Diskusi kuliah, Ruang baca, E-library, Laboratorium, Internet dan Sarana ibadah .
9. Website : http://dv.fk.undip.ac.id
10. Email : kulitkelamin.fkundip@yahoo.com
11. Kontak : Telp / Faks. : (024) 8444571
1. Akreditasi
Nasional
Peringkat : UNGGUL
SK LAM-PTKes No.0321/LAM-PTKes/Akr/Spe/V/2023
2. Gelar Lulusan
Spesialis Forensik dan Medikolegal (Sp.F.M.)
3. Ijin Penyelenggaraan
Keputusan Dirjen Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor : 111/DIKTI/Kep/2007
4. Materi Yang Dipelajari
Forensik Dasar I, Biostatistika dan Metodologi Penelitian, Filsafat Ilmu, Bioetik, Humaniora dan HAM, Komunikasi Efektif; Forensik Dasar II, Laboratorium Forensik Dasar, Pemeriksaan Jenazah, Forensik Klinik; Forensik Terapan I, Laboratorium Forensik Terapan, Hukum Kesehatan, Hukum Kedokteran; Forensik Terapan II, Kejahatan Berbasis Gender dan Anak, Proposal Tesis; Investigasi Forensik, Dokumen Medikolegal, Drug Abuse, Forensik Kejiwaan; Konsultasi Etik – Medikolegal, Mediasi, Sengketa Medis, Audit Medis; Tesis, Komprehensif, Manajemen Kamar Jenazah.
5. Profil Lulusan
Menghasilkan lulusan yang memiliki profil HIDUP (Hormat, Ilmiah, Disiplin, Usaha dan Profesional), Humanis dan Imparsial sehingga dapat berkontribusi pada pengembangan riset ilmu kedokteran forensik dan etikomedikolegal.
6. Metode Pembelajaran dan Asesmen
Program Studi Kedokteran Forensik dan Studi Medikolegal ini ditempuh dalam kurun waktu 3 tahun 6 bulan (7 Semester) dengan beban studi sejumlah 90 sks. Pembelajaran dilaksanakan By Course dan By Research.
7. Struktur dan Persyaratan Program
Program Studi Forensik dan Medikolegal berada di bawah garis perintah Departemen Kedokteran Spesialis.
8. Dukungan Fasilitas Bagi Mahasiswa
Ruang Kuliah, Ruang Diskusi, Perpustakaan, E-library, Laboratorium, Internet, Sarana ibadah dan olahraga.
9. Website : www. forensic.fk.undip.ac.id
10. Email : forensik-ppds@fk.undip.ac.id
11. Kontak : Telp : (024) 76928010 / Faks. (024)76928011
1. Akreditasi
Nasional :
Peringkat Unggul
SK LAM-PT Kes No.0466/LAM-PTKES/Akr/Spe/VI/2022
2. Gelar Lulusan
Spesialis Gizi Klinis (Sp.G.K.)
3. Ijin Penyelenggaraan
SK No. 179/D/O/2010
4. Materi Yang Dipelajari
Ilmu Pengantar Gizi klinis, Aspek gizi pada sistem imun dan infeksi (dasar), Aspek gizi pada hematologi dan kardiovaskuler (dasar), Aspek gizi pada sistem respirasi (dasar), Aspek gizi pada sistem fungsi ginjal (dasar), Aspek gizi pada sistem gastrointestinal (dasar), Aspek gizi pada sistem endokrin dan metabolik (dasar), Aspek gizi pada sistem hepatobilier dan pankreas (dasar), Aspek gizi pada sistem saraf (dasar), Aspek gizi pada pediatri (dasar), Aspek gizi pada geriatri (dasar), Aspek gizi pada keganasan (dasar), Aspek gizi pada perawatan intensif dan penyakit kritis (dasar), Aspek gizi pada perioperatif (dasar), Aspek gizi pada sistem imun dan infeksi (lanjut), Ilmu hematologi dan kardiovaskuler (lanjut), Aspek gizi pada sistem respirasi (lanjut), Aspek gizi pada sistem fungsi ginjal (lanjut), Aspek gizi pada sistem gastrointestinal (lanjut), Aspek gizi pada sistem endokrin dan metabolik (lanjut), Aspek gizi pada sistem hepatobilier dan pankreas (lanjut), Aspek gizi pada ilmu saraf (lanjut), Aspek gizi pada pediatri (lanjut), Aspek gizi pada ilmu geriatri (lanjut), Aspek gizi pada bidang onkologi (lanjut), Aspek gizi pada perawatan intensif dan penyakit kritis (lanjut), Aspek gizi pada masa perioperatif (lanjut), Terapan ilmu gizi pada sistem imun dan infeksi, Terapan ilmu gizi pada bidang hematologi dan kardiovaskuler, Terapan ilmu gizi pada sistem respirasi, Terapan ilmu gizi pada bidang nefrologi, Terapan ilmu gizi pada sistem gastrointestinal, Terapan ilmu gizi pada sistem endokrin dan metabolic, Terapan ilmu gizi pada sistem hepatobilier dan pancreas, Terapan ilmu gizi pada bidang neurologi, Terapan ilmu gizi pada bidang pediatri, Terapan ilmu gizi pada bidang Geriatri, Terapan ilmu gizi pada bidang onkologi, Terapan ilmu gizi pada perawatan intensif dan penyakit kritis, Terapan ilmu gizi pada masa Perioperatif, Terapan manajemen gizi rumah sakit (instalasi gizi), Terapi gizi pada penyakit paru (pulmonologi), Terapi gizi pada penyakit infeksi tropis, Terapi gizi pada kelainan ginjal (nefrologi), Terapi gizi pada kelainan endokrin metabolic, Terapi gizi pada kelainan gastroenterohepatologi, Terapi gizi pada kelainan hemato-onkologi, Terapi gizi pada geriatri, Terapi gizi pada kelainan jantung dan pembuluh darah, Terapi gizi pada pasien bedah, Terapi gizi pada bidan obstetri ginekologi, Terapi gizi pada pediatri, Terapi gizi pada kelainan saraf (neurologi), Terapi gizi penyakit bidang telingahidung-tenggorok, Terapi gizi penyakit bidang kulit & kelamin, Terapi gizi penyakit kritis dan rawat intensif, Terapi gizi di poliklinik rawat jalan, Tugas Akhir .
5. Profil Lulusan
Communicator, Professional, Leader, Enterpreneur, Thinker, Educator.
6. Metode Pembelajaran dan Asesmen
Kuliah Modul, Mini C-EX, Bed Side Teaching, Asesmen Geriatri Bersama, Laporan Kasus, Journal Reading.
7. Struktur dan Persyaratan Program
Program Studi Ilmu Gizi Klinis berada di bawah garis perintah Departemen Kedokteran Spesialis.
8. Dukungan Fasilitas Bagi Mahasiswa
Bahan ajar (buku, modul, media pendidikan); Fasilitas umum (ruang kelas, ruang residen, ruang perpustakaan/ ruang baca, laboratorium, ruang diskusi, ruang dosen, ruang tata usaha, musholla, toilet, parkiran); Sarana komunikasi (wifi, telephone); Peralatan bahan habis pakai dan K3.
9. Persyaratan dan Pendidikan Sebelumnya
Lulusan sebagai dokter dan terakreditasi minimal B
IPK Profesi yang dicapai pada saat lulus minimal 3,0
TOEFL >500 (dapat dicapai selama pendidikan)
Usia maksimal 40 tahun
Memiliki sertifikat TNT atau LLL atau sertifikat pelatihan gizi klinik lainnya
10. Website : https://giziklinisfkundip.web.id/
11. Email : bagianilmugizi@yahoo.co.id
12. Kontak : +62 852 2500 1979
1. Akreditasi
Nasional
Peringkat : UNGGUL
SK LAM-PTKes : 0267/LAM-PTKes/Akr/Spe/IV/2023
2. Gelar Lulusan
Spesialis Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi (Sp.K.F.R.)
3. Ijin Penyelenggaraan
Keputusan Dirjen Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor: 16/DIKTI/Kep/1987.
4. Materi Yang Dipelajari
Ilmu Rehabilitasi di bidang Musculoskeletal, Pediatri, Neuromuskuler, Sport Injury, Kardiorespirasi, Geriatri.
5. Profil Lulusan
Communicator, Professional, Leader, Enterpreuner, Thinker, Educator.
6. Metode Pembelajaran dan Asesmen
By Course dan by research.
7. Struktur dan Persyaratan Program
Program Studi Ilmu Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi berada di bawah garis perintah Departemen Kedokteran Spesialis.
8. Dukungan Fasilitas Bagi Mahasiswa
Ruang kuliah, Ruang baca, E-library, Skill Labs, Internet.
9. Persyaratan dan Pendidikan Sebelumnya
Lulusan sebagai dokter dan terakreditasi minimal B
IPK Profesi yang dicapai pada saat lulus minimal 3,0
TOEFL >450 (dapat dicapai selama pendidikan)
Persyaratan usia masuk PPDS < 37 tahun
10. Website : http://rehabmedik.fk.undip.ac.id/
11. Email : ikfrfkundip@gmail.com
ikr-ppds@fk.undip.ac.id
12. Kontak : Instalasi Rehabilitasi Medik RSUP Dr. Kariadi Semarang
1. Akreditasi
Nasional
Peringkat : UNGGUL
SK LAMP-Kes No. 0304/LAM-PTKes/Akr/Spe/V/2022
2. Gelar Lulusan
Spesialis Penyakit Dalam (Sp.P.D.)
3. Ijin Penyelenggaraan
111/DIKTI/2007 tentang Penataan dan Penetapan kembali ijin Penyelenggaraan Program Studi pada Universitas Diponegoro di Semarang.
SK REKTOR UNDIP No : 144/SK/PT09/1980 tentang Pembentukan Sekolah Pendidikan Dokter Spesialis-1.
4. Materi Yang Dipelajari
Mata Kuliah Dasar Umum, Ilmu Penyakit Dalam Dasar-1, Ketrampilan Killinis Dasar; Ilmu Penyakit Dalam Dasar-2, Penyusunan Proposal; Ginjal Hipertensi, Kardiologi Vaskular; Hematologi Onkologi Medik , Respirologi dan Penyakit Kritis; Geriatri dan Psikosomatis, Infeksi Tropik dan Alergi Imunologi; Reumatologi, Gastroenterohepatologi; Endrokrin Metabolik, Kegawatdaruratan Lanjut; Manajemen Penyakit Kritis, Modul Konsultasi Lanjut, Modul Penyakit Dalam Lanjut, Karya Ilmiah dan Ilmu Penyakit Dalam Komprehensif .
5. Profil Lulusan
COMPLETE : Communicator, Professional, Leader, Enterpreuner, Initiator dan Educator.
6. Metode Pembelajaran dan Asesmen
Karakteristik Proses Pembelajaran : Kuliah Pengayaan dan modul; Kuliah tamu; Tugas bangsal; Tinjauan Kepustakaan; Pembahasan Kasus; Pembacaan baca buku ajar (textbook ; reading)/ Jurnal, Laporan jaga dilakukan setiap hari dengan memaparkan kasus baru, kasus konsultasi, meninggal, dirawat, atau pasien bermasalah selama jaga malam dengan dibimbing oleh satu orang spesialis penyakit dalam dan dihadiri oleh semua peserta didik dan spesialis penyakit dalam dari masing-masing divisi; Diskusi multipdisiplin dilakukan dengan melibatkan divisi maupun departemen terkait; Skill Lab; Stase RS Jejaring; Karya ilmiah.
7. Struktur dan Persyaratan Program
Prodi Ilmu Penyakit Dalam berada di bawah garis perintah Departemen Pendidikan Kedokteran Spesialis.
8. Dukungan Fasilitas Bagi Mahasiswa
Ruang kuliah, Ruang baca, E-library, Laboratorium Komputer, Lab Skill, Internet, Sarana ibadah dan olahraga. RS Kariadi sebagai RS Pendidikan Utama yang berstandar akreditasi internasional. RS Jejaring yang berstandar oleh RS Pendidikan Utama dan terstandar oleh Universitas Diponegoro.
9. Persyaratan dan Pendidikan Sebelumnya
Lulusan sebagai dokter dan terakreditasi minimal B
IPK Profesi yang dicapai pada saat lulus minimal 3,0
TOEFL >450 (dapat dicapai selama pendidikan)
PTT minimal 6 bulan atau bekerja sebagai Dokter Mandiri selama 6 Bulan dan tidak termasuk internship
10. Website : http://ipd.fk.undip.ac.id/
11. Email : Internasmg@yahoo.co.id
12. Kontak : Telp : (024) 8446757/ Faks. (024) 8446758
1. Akreditasi
Nasional
Peringkat : UNGGUL
SK LAM-PTKes No. 0419/LAM-PTKes/Akr/Spe/VI/2023
2. Gelar Lulusan
Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah (Sp.J.P.)
3. Ijin Penyelenggaraan
Keputusan Dirjen Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor : 23/D.T/2010.
4. Materi Yang Dipelajari
Elektrokardiografi; Ekokardiografi dan pencitraan; Kateterisasi Jantung, angiografi dan intervensi non bedah; Pencegahan penyakit kardiovaskular; Hipertensi; Penyakit jantung diabetes; Sindrom koroner akut; Penyakit jantung iskemik; Uji latih jantung beban; Penyakit miokardial; Penyakit perikardial; Tumor jantung; Kehamilan pada penyakit jantung; Demam rematik dan penyakit jantung katup; Infektif endokarditis; Gagal jantung; Hipertensi arteri pulmoner; Rehabilitasi dan fisiologi latihan; Aritmia; Fibrilasi atrium; Sinkope; Kematian jantung mendadak dan resusitasi; Penyakit aorta; Penyakit vaskular; Penyakit tromboemboli vena; Emboli paru dan tromboemboli kronik; Kardiovaskular akut; Kardiologi pediatrik dan Penyakit Jantung Bawaan; Kardiovaskular intensif; Kardiologi nuklir, pencitraan kardiovaskular, CT Kardio, MRI, dan CMR.
5. Profil Lulusan
Communicator, Professional, Leader, Enterpreuner, Thinker, Educator.
6. Metode Pembelajaran dan Asesmen
Kuliah tatap muka; Diskusi topik/ kasus sub bagian; Bedside Teaching; Rotasi kerja klinis sebagai dokter di rawat inap, rawat jalan, unit gawat darurat dan laboratorium; Journal Reading; Presentasi kasus; Tunjauan Pustaka; Penelusuran pustaka dan e-library; Magang/ kerja mandiri; Penelitian; Research Meeting; Publikasi Ilmiah.
7. Struktur dan Persyaratan Program
PS Jantung dan Pembuluh Darah berada di bawah garis perintah Departemen Kedokteran Spesialis.
8. Dukungan Fasilitas Bagi Mahasiswa
Ruang kuliah, Ruang Konfrensi, Ruang baca, E-library, Laboratorium, Internet, Kamar Jaga, Sarana ibadah dan olahraga.
9. Persyaratan dan Pendidikan Sebelumnya
Lulusan sebagai dokter dan terakreditasi minimal B
IPK Profesi yang dicapai pada saat lulus minimal 3,0
TOEFL >450 (dapat dicapai selama pendidikan)
Sertifikat Kursus ACLS PERKI yang masih berlaku
Sertifikat Kursus EKG PERKI
Sertifikat Kursus TOEFL UNDIP dengan skor minimal 500
Sudah punya pengalaman kerja di Rumah Sakit/Puskesmas/Klinik Minimal 1 tahun. (diluar Internship)
Memiliki rencana penempatan kerja setelah lulus (dibuktikan dengan dokumen yang valid) dengan Prioritas kepada calon pendaftar yang memiliki Surat Keterangan Rencana Penempatan dari PERKI Cabang
10. Website : https://kardiologi.fk.undip.ac.id
11. Email : kardiologi@fk.undip.ac.id
12. Kontak : (024) 8413476 Ext. 6282
1. Akreditasi
Nasional
Peringkat : UNGGUL
SK LAM-PTKes No. 0162/LAM-PTKes/Akr/Spe/III/2023
2. Gelar Lulusan
Spesialis Mikrobiologi Klinis (Sp.M.K.)
3. Ijin Penyelenggaraan
1 Januari 2011
4. Materi Yang Dipelajari
Mikrobiologi Klinik Dasar, Manajemen Laboratorium Mikrobiologi Klinik, Penanganan Spesimen Keselamatan dan Keamanan Biologis, Media dan Instrumentasi, Mikrobiologi Lingkungan, Serologi dan Imunologi Infeksi; Bakteriologi Klinik Antibiotika dan Resistensi, Leptospira, Bakteri Fastidious dan Anaerob, Mikobakteria; Mikologi Klinik, Virologi Klinik, Mikrobiologi Molekuler, Etika Kedokteran dan Filsafat Ilmu, Metodologi Penelitian, Epidemiologi Klinik dan EBM, Biostatistika, Pengembangan Proposal; Pencegahan dan Pengendalian Infeksi Rumah Sakit, Pengendalian Resistensi Antimikroba, Problem Infeksi Kulit dan Kelamin, Problem Infeksi Penyakit Dalam, Problem Infeksi Anak, Problem Infeksi Kebidanan , Problem Infeksi Bedah , Problem Perawatan Intensif, Infeksi Komunitas dan Jejaring (Balabkes, DKK, Rembang), Tesis (8 sks).
5. Profil Lulusan
Communicator, Professional, Leader, Educator, Thinker, Enterpreuner.
6. Metode Pembelajaran dan Asesmen
Diskusi Interaktif, Tugas baca artikel jurnal ilmiah (journal reading), Referat, Case-based learning dengan bahan teaching set, Case-based learning dengan bahan kasus pasien sehari-hari, Metode Presentasi (Manajemen laboratorium), MINI-CEX (Mini Clinical Examination), OSCE (Objective Structured Clinical Examination), MINI-PAT (Mini Peer Assesment Tools), DOPS (Direct Operational Practical Skills), Portfolio, Bimbingan Hands on, Praktik membimbing peserta program pendidikan Dokter Spesialis Mikrobiologi Klinik yang lebih muda, Penulisan makalah ilmiah.
7. Struktur dan Persyaratan Program
Jumlah sks = 81, Semester = 7.
8. Dukungan Fasilitas Bagi Mahasiswa
Ruang Kuliah, Ruang Diskusi, Ruang Perpustakaan, Ruang baca, Laboratorium Virologi/ Molekuler, Laboratorium Mikologi, Laboratorium Leptospira, Laboratorium Bakteriologi, Internet, Sarana ibadah dan olahraga, Ruang Istirahat.
9. Website : pdsmk.fk.undip.ac.id/
10. Email : mikrobiologiklinik@fk.undip.ac.id
11. Kontak : (024) 8452931
1. Akreditasi
Nasional
Peringkat : UNGGUL
SK Akreditasi 0202/LAM-PTKes/Akr/Spe/III/2023
2. Gelar Lulusan
Spesialis Neurologi (Sp.N.)
3. Ijin Penyelenggaraan
Keputusan Dirjen DIKTI Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor : 111/DIKTI/Kep/2007.
4. Materi Yang Dipelajari
Neurologi Klinik Umum, Neurovaskuler, Neurogeriatri, Neurotraumatologi, Kedaruratan Neurologi, Nyeri & Nyeri Kepala, Epileptologi, Neurologi Tropis, Neuro Onkologi, Neuro Imaging, Kelainan Saraf Perifer, Kelainan Neuromuskuler, Neuroopthalmologi, Neuro Otologi, Neurologi Dasar I, Neurologi Dasar II, Neurofisiologi Klinik, Neurologi-Neurochirurgi, Neurologi-Endokrinologi Klinik, Neurologi-Hipertensi/ Nefrologi, Neurologi Kardiologi, Neuro Pediatri, Neurologi Perkembangan, Neuro Rehabilitasi, Neuro Behaviour, Neuro Sosial, Tesis.
5. Profil Lulusan
Communicator, Professional, Leader, Enterpreuner, Thinker, Educator (COMPLETE).
6. Metode Pembelajaran dan Asesmen
By Course dan By Research.
7. Struktur dan Persyaratan Program
Program Studi Neurologi berada di bawah garis perintah Departemen Kedokteran Spesialis, Wakil Dekan Bidang Akademik dan Dekan Fakultas Kedokteran Undip dan dalam garis koordinasi dengan Tim Gugus Penjaminan Mutu (GPM).
8. Dukungan Fasilitas Bagi Mahasiswa
Ruang diskusi kuliah, Ruang baca, E-library, Laboratorium, internet, Asrama mahasiswa.
9. Website : https://neurologi.fk.undip.ac.id/
10. Email : neurologi-ppds@fk.undip.ac.id
11. Kontak : (024) 8443239, 08164259551
1. Akreditasi
Nasional
Peringkat : UNGGUL
SK Lam PT.Kes : 0006/LAM-PTKes/Akr/Spe/I/2023
2. Gelar Lulusan
Spesialis Obstetri dan Ginekologi (Sp.O.G.)
3. Ijin Penyelenggaraan
SK Rektor : 144/080/PT09/1980
4. Materi Yang Dipelajari
Obstetri – Ginekologi
5. Profil Lulusan
Menjadi seorang Ahli Spesialis Obstetri – Ginekologi yang mengutamakan : Knowladge Skill, Atitute, Profesional.
6. Metode Pembelajaran dan Asesmen
Menggunakan 19 Modul selama 8 Semester.
7. Struktur dan Persyaratan Program
Program studi Obstetri dan Ginekologi berada dibawah Departemen Kedokteran Spesialis dan Fakultas Kedokteran Undip.
8. Dukungan Fasilitas Bagi Mahasiswa
Fasilitas Ruang kuliah, ruang baca, ruang Internet, sarana Ibadah, praktikum Drylab, kantin, ruang jaga, jejaring pendidikan dan Olah Raga.
9. Website : http://obsgin.fk.undip.ac.id/en/home/
10. Email : ppds1obsginundip@gmail.com
11. Kontak : (024) 8317650
1. Akreditasi
Nasional
Peringkat : UNGGUL
SK LAM-PTKes No. 0208/LAMP- PTKes/Akr/Spe/III/2023
2. Gelar Lulusan
Spesialis Mata (Sp.M.)
3. Ijin Penyelenggaraan
Keputusan Menkumhan RI No.AHU – 30.AH.01.07. Tahun 2014, dan Keputusan Mendikbud No. 291/P/2014.
4. Materi Yang Dipelajari
Metodologi/Kursus Manajemen RS, Anatomi dan Fisiologi, Radiologi, Anestesi, Farmakologi, Mikrobiologi, Biologi Molekuler dan Imunologi, Kegawatdaruratan pada Mata, Etika, Pengayaan dan Pemeriksaan Dasar, Wet Lab; EED dan UVEA Dasar, Tumor Dasar, Trauma, Okuloplastik & Rekonstruksi Dasar, Glaukoma Dasar, Tugas Klinik I; Neuro-oftalmologi Dasar, Oftalmologi Komunitas Dasar, Refraksi dan Lensa Kontak Dasar, Publikasi, Tugas Klinik I; Lensa Dasar, Vitreo Retina Dasar, Strabismus Dasar, Pediatri oftalmologi Dasar, Tugas Klinik I; EED dan UVEA Lanjutan, Refraksi dan Lensa Kontak Lanjutan, Tumor Lanjutan, Trauma, Okuloplastik & Rekonstruksi Lanjutan, Tugas Klink; Lensa Lanjutan, Vitreo Retina Lanjutan, Glaukoma Lanjutan, Proposal, Tugas Klinik II; Strabismus Lanjutan, Neuro-oftalmologi Lanjutan, Pediatri oftalmologi Lanjutan, Poli Mata Umum, Supervisor Bangsal, Tugas Klinik II; Oftalmologi Komunitas Lanjutan, Tugas Luar/Mandiri, Tugas Klinik II, Tesis.
5. Profil Lulusan
Communicator, Professional, Leader, Enterpreuner, Thinker, Educator.
6. Metode Pembelajaran dan Asesmen
Pembelajaran dilaksanakan secara mandiri dan secara magang.
Asesmen meliputi Pengetahuan dan Keterampilan.
7. Struktur dan Persyaratan Program
Prodi Ophthalmology berada di bawah garis perintah Departemen Pendidikan Kedokteran Spesialis .
8. Dukungan Fasilitas Bagi Mahasiswa
Ruang kuliah, Ruang baca, E-library, Laboratorium (poliklinik dan kamar operasi), Internet, Sarana ibadah dan olahraga.
9. Persyaratan dan Pendidikan Sebelumnya
Lulusan sebagai dokter dan terakreditasi minimal B
IPK Profesi yang dicapai pada saat lulus minimal 3,0
TOEFL >450 (dapat dicapai selama pendidikan)
Mata tidak ada gangguan Stereoskopi, usia maksimal 35 tahun dan tidak Tremor
10. Website : https://ophthalmology.fk.undip.ac.id/
11. Email : ophthalmology@fk.undip.ac.id
12. Kontak : Telp/Faks. : (024) 8442216
1. Akreditasi
Nasional
Peringkat : UNGGUL
SK LAM-PTKes No. 0268/LAM-PTKes/Akr/Spe/IV/2023
2. Gelar Lulusan
Spesialis Patologi Anatomi (Sp.P.A.)
3. Ijin Penyelenggaraan
Keputusan Dirjen Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor : 111/DIKTI/Kep/2007.
4. Materi Yang Dipelajari
Patobiologi, Patologi Umum, Teknik Histopatologi, Teknik Potong Beku Dasar, Teknik Sitologi, Dasar-dasar histokimia, Teknik Autopsi, Patologi Organ Dasar, Sitologi Dasar, Autopsi Klinik, Imunohistokimia, Teknik FNAB Dasar, Patologi Eksperimental, Metodologi Penelitian, dan materi-materi lain, thesis.
5. Profil Lulusan
Communicator, Professional, Leader, Enterpreuner, Thinker, Educator.
6. Metode Pembelajaran dan Asesmen
By class dan by research.
7. Struktur dan Persyaratan Program
Program Studi Patologi Anatomi berada di bawah garis perintah Departemen Kedokteran Spesialis.
8. Dukungan Fasilitas Bagi Mahasiswa
Ruang Diskusi kuliah, Ruang baca, E-library, Laboratorium dengan peralatan yang canggih, Internet dan Sarana ibadah.
10. Website : www.patologianatomik.fk.undip.ac.id
11. Email : pa@fk.undip.ac.id
12. Kontak : (024) 8441270
1. Akreditasi
Nasional
Peringkat : UNGGUL
SK Akreditasi No. 0311/LAM-PTKes/Akr/Spe/IV/2023
2. Gelar Lulusan
Spesialis Patologi Klinis (Sp.P.K.)
3. Ijin Penyelenggaraan
No : 478/ DIKTI/ Kep/ 1996
4. Materi Yang Dipelajari
Kemampuan kognitif dan psikomotor hematologi, sekresi-ekskresi, kimia klinik, imunologi, metabolik-endokrin, infeksi dan manajemen laboratorium. Kemampuan afektif : perilaku terhadap teman sejawat, dosen, dan pasien.
5. Profil Lulusan
Communicator, Professional, Leader, Enterpreuner, Thinker, Educator.
6. Metode Pembelajaran dan Asesmen
Metode Presentasi (Manajemen laboratorium, Tinjauan Pustaka, Journal Reading, dan Laporan Kasus), MINI-CEX (Mini Clinical Examination), OSCE (Objective Structured Clinical Examination), MINI-PAT (Mini Peer Assesment Tools), DOPS (Direct Operational Practical Skills), Case-Based Discussion, dan Portfolio.
7. Struktur dan Persyaratan Program
Program Studi Patologi Klinis berada di bawah garis perintah Departemen Kedokteran Spesialis.
8. Dukungan Fasilitas Bagi Mahasiswa
Free wifi, Library, Media, E-learning, laboratorium lengkap, Bimbingan dan Konseling, Fasilitas Olahraga, Fasilitas Ibadah, E-journal, peralatan pembelajaran (untuk teori maupun ketrampilan), dsb.
9. Website : https://patologiklinik.fk.undip.ac.id/
10. Email : patologiklinik@fk.undip.ac.id
11. Kontak : Telp : (024) 8311485
1. Akreditasi
Nasional
Peringkat : Unggul
SK LAMPT-Kes No.0304/LAM-PTKes/Akr/Spe/V/2022
2. Gelar Lulusan
Spesialis Kedokteran Jiwa (Sp.K.J.)
3. Ijin Penyelenggaraan
076/U/1980/10.3.1980
4. Materi Yang Dipelajari
Gangguan Mental, Demensia, Sindrom Amnesik Organic, Kondisi Klinis Pada Gangguan Mental Dan Perilaku Akibat Penggunaan Zat Psikoaktif, Skizofrenia, Gangguan Skizotipal Dan Gangguan Waham, Gangguan Lain.
5. Profil Lulusan
Communicator, Professional, Leader, Enterpreuner, Thinker, Educator.
6. Metode Pembelajaran dan Asesmen
By course dan by research.
7. Struktur dan Persyaratan Program
Program Studi Psikiatri berada di bawah garis perintah Departemen Kedokteran Spesialis.
8. Dukungan Fasilitas Bagi Mahasiswa
Ruang Diskusi kuliah, Ruang baca, E-library, Laboratorium, Internet dan Sarana ibadah.
9. Website : https://psikiatri.fk.UNDIP.ac.id/
10. Email : psikiatri-pspd@fk.UNDIP
11. Kontak : Fakultas Kedokteran UNDIP Jl. Dr. Sutomo No. 16 – 18, Kel. Randusari, Kec. Semarang Selatan, Kota Semarang.
Telp / Faks : (024) 8445567
1. Akreditasi
Nasional
Peringkat : Unggul
No.0028/LAM-PTKes/Akr/Spe/I/2023
2. Gelar Lulusan
Spesialis Radiologi (Sp.Rad.)
3. Ijin Penyelenggaraan
Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Nomor : 111/DIKTI/Kep/2007
4. Materi Yang Dipelajari
Ilmu Radiologi .
5. Profil Lulusan
Communicator, Organisator-Manajerial, Professional, Leader, Educator, Thinker (COMPLETE)
6. Metode Pembelajaran dan Asesmen
Metode pembelajaran ditekankan pada proses penalaran klinik (clinical reasoning process) dan penelitian (research) yang mengacu pada kaidah-kaidah metode ilmiah dengan pendekatan adult learning yang mengintegrasikan teori ke dalam praktik dan menerapkan good medical practice. Proses penalaran klinik meliputi pendekatan pemecahan masalah secara ilmiah (scientific problem-solving approach) dan pengambilan keputusan berdasarkan ilmu kedokteran berbasis bukti (evidence-based medicine) sehingga peserta didik memperoleh pengalaman dan praktik klinik terintegrasi.
Mengacu pada Standar Pendidikan Profesi Profesi Dokter Spesialis Radiologi Indonesia yang disusun Kolegium Radiologi Indonesia, proses pembelajaran dilaksanakan dengan metode kuliah tatap muka, desk site teaching, bed site teaching, diskusi multidisipliner, pengelolaan pasien di Instalasi Radiologi, tugas jaga, penugasan ilmiah (journal reading, penyusunan tinjauan pustaka, dan laporan kasus), penyusunan penelitian karya akhir disertai naskah publikasi, mengikuti forum ilmiah minimal di tingkat nasional, penulisan makalah serta presentasi dalam e-poster atau oral free paper di forum ilmiah minimal tingkat nasional.
7. Struktur dan Persyaratan Program
Program Studi Radiologi berada di bawah garis perintah Departemen Kedokteran Spesialis.
Persyaratan :
Lulusan sebagai dokter dan terakreditasi minimal B
IPK Profesi yang dicapai pada saat lulus minimal 3,0
TOEFL >450 (dapat dicapai selama pendidikan)
8. Dukungan Fasilitas Bagi Mahasiswa
Ruang Diskusi kuliah, Ruang baca, E-library, Laboratorium, Internet dan Sarana ibadah.
9. Website : http://radiologi.fk.undip.ac.id/index.php/en/home/
10. Email : radiologi@fk.undip.ac.id
11. Kontak : Telp : (024) 8312017 / 8443135
1. Akreditasi
Nasional
Peringkat : UNGGUL
SK LAM-PTKes No. 0123/LAM-PTKes/Akr/Spe/II/2023
2. Gelar Lulusan
Spesialis Telinga Hidung Tenggorok Kepala Leher (Sp. T.H.T.K.L)
3. Ijin Penyelenggaraan
Nomor SK : 144/SK/PT09/1980
4. Materi Yang Dipelajari
Manajemen RS dan Metode Penelitian, Modul Otologi, Modul Onkologi, Modul Neurotologi, Modul Laringo-faringologi, Modul Rinologi, Modul Alergi-imunologi, Modul Bronko-esofagologi, Modul Plastik Rekonstruksi, Modul THT-Komunitas.
5. Profil Lulusan
Communicator, Professional, Leader, Enterpreuner, Thinker, Educator.
6. Metode Pembelajaran dan Asesmen
Pelaksanaan pembelajaran menggunakan berbagai metode pembelajaran yang sesuai, yaitu : kuliah mimbar, Problem-based learning serta pembelajaran mandiri, pelatihan keterampilan klinik, pengelolaan dan tindakan operasi pada pasien dengan supervisi untuk mencapai kompetensi yang ditetapkan.
7. Struktur dan Persyaratan Program
Prodi DS IK THTKL berada di bawah garis perintah Departemen Pendidikan Kedokteran spesialis.
Persyaratan :
Sertifikat ATLS (max 5 th)
Surat pernyataan tidak mendaftar di sentra pendidikan lain pada periode yang sama
Surat pengalaman kerja minimal 1 tahun
Hasil tes binokularitas normal dan tidak tremor
Test Psikologi Katagori I, II dan III
Lulus tes binokuler
8. Dukungan Fasilitas Bagi Mahasiswa
Ruang Kuliah, Ruang Diskusi, Ruang Skill lab, Perpustakaan, Sarana Ibadah, Kamar Jaga, Olahraga, Diklat RSUP dr Kariadi dan FK UNDIP, Ruang Poli, ruang operasi, ruang rawat inap di RS pendidikan utama RSUP dr Kariadi dan RS satelit (RS Nasional Diponegoro Semarang dan RSUD dr Soetrasno Rembang).
9. Website : https://tht-kl.fk.undip.ac.id
10. Email : tht_fkundip@yahoo.com
11. Kontak : Telp : (024) 8412634