(024) 7460033 / 08112-883-688 um@live.undip.ac.id

Gelar lulusan (Final Award) : Sarjana Sains ( S.Si )

Ijin Penyelenggaraan : SK DirjenDikti No. 82/Dikti/Kep/2007

Kesetaraan dalam KKNI (Equivalent Level to Indonesian National Qualification framework)

Level 6 KKNI

Tujuan Program Pendidikan

  1. Menghasilkan lulusan yang mampu berperan sebagai analis biologi, wirausaha, praktisi, asisten peneliti dan supporting staf yang kompeten, inovatif dan mandiri dalam mengembangkan dan menerapkan bidang-bidang biologi
  2. Menghasilkan publikasi dan inovasi teknologi tentang pemanfaatan dan pengembangan sumberdaya hayati dibidang industri/ pangan/ kesehatan/ bioenergi/ lingkungan yang dilandasi penelitian yang berkualitas.
  3. Menghasilkan program kegiatan pengabdian yang  mendidik masyarakat dalam memanfaatkan dan mengembangkan sumberdaya alam hayati yang berkelanjutan.

 

Materi Yang Dipelajari

Ilmu Biologi dan Lingkungan

 

Profil Lulusan

Peneliti, Pendidik, Pengusaha, Pekerja Bioindustri, Praktisi Lingkungan

 

Kompetensi Lulusan

  1. Memiliki pemahaman dan mampu memanfaatkan sumberdaya alam hayati (SDAH) yang mendukung pengembangan industri berwawasan lingkungan dalam lingkup optimasi, diversivikasi dan konservasi.
  2. Mempunyai pola pikir analisis dan sintesis sehingga mampu mengatasi permasalahan yang berkaitan dengan pemanfaatan SDAH untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
  3. Memiliki kepekaan atas masalah pemanfaatan SDAH dan mampu mengembangkan jiwa kewirausahaan dalam lingkup global melalui kerjasama secara individu maupun kelompok.

 

Metode Pembelajaran Dan Asesmen

Tutorial, Student Center Learning (SCL), Asesmen melalui UTS, UAS, Portofolio dsb.

 

Struktur Dan Persyaratan Program

Jumlah SKS = 144, semester = 8 s.d 14, Mahasiswa harus full time, acuan standar isi BNSP tahun 2010

 

Dukungan Fasilitas Bagi Mahasiswa

Studio Komputer dan InternetPerpustakaanRumah Kaca dan Kebun PercobaanRuang MultimediaRuang SeminarRuang Laboratorium PraktikumRuang Laboratorium RisetRuang Kuliah

 

Kebijakan Dan Prasyarat Admisi

Seleksi jalur SNMPTN/SBUB harus lulusan SMA/MA jurusan IPA, sedangkan melalui seleksi Mandiri (SM)/SBMPTN dari SMA/MA/SMK jurusan IPA/IPS/Bahasa dengan berdasarkan hasil tes.

Profil Lulusan (Graduate Profile)

  1. Akademisi dan Peneliti
  2. Praktisi Lingkungan
  3. Entrepreneur